kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45974,33   -17,61   -1.78%
  • EMAS991.000 0,71%
  • RD.SAHAM -0.20%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.12%

Kasus harian virus corona di Korea Selatan melandai, terendah dalam 41 hari


Senin, 11 Januari 2021 / 12:45 WIB
Kasus harian virus corona di Korea Selatan melandai, terendah dalam 41 hari
ILUSTRASI. Kasus virus corona di Korea Selatan mulai melandai


Sumber: Yonhap,Yonhap | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - SEOUL. Kasus harian virus corona baru di Korea Selatan bertambah dalam jumlah terkecil dalam 41 hari di awal pekan ini. Hal tersebut tampaknya didukung oleh langkah-langkah pengetatan jarak sosial dan lebih sedikit tes Covid-19 yang dilakukan selama akhir pekan.

Senin (11/1), Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KDCA) melaporkan 451 infeksi Covid-19, termasuk 419 infeksi lokal. Ini membuat total beban kasus di Korea Selatan menjadi 69.114. 

Beban kasus harian pada hari ini menandai untuk pertama kalinya sejak 1 Desember di mana saat itu tambahan harian tetap di kisaran 400. Jumlah ini juga turun tajam dari 665 infeksi yang tercatat pada hari Minggu, 641 pada hari Sabtu dan 674 pada hari Jumat.

Jumlah kasus harian tetap di bawah 1.000 untuk hari ketujuh berturut-turut, kata KDCA.

Baca Juga: Jepang teliti varian virus corona baru yang ditemukan pada wisatawan dari Brasil

Rata-rata 693 kasus baru setiap hari dilaporkan di seluruh negeri selama seminggu terakhir, tetap di kisaran 600 untuk pertama kalinya sejak awal Desember, kata KDCA.

Namun, KDCA mengingatkan bahwa tes yang lebih sedikit biasanya dilakukan selama akhir pekan.

Korea Selatan ini telah memberlakukan skema jarak sosial Level 2,5 di wilayah Seoul yang lebih luas yang merupakan tertinggi kedua dalam skema lima tingkat di negara itu. Sementara itu, di wilayah lainnya menerapkan aturan Level 2 sejak 8 Desember. 
Otoritas kesehatan juga memperpanjang tindakan tersebut hingga 17 Januari mendatang. Dengan kebijakan ini maka pertemuan pribadi sebanyak lima orang atau lebih dilarang di seluruh negeri selama periode yang diperpanjang.

Restoran dan tempat hiburan berisiko tinggi, termasuk bar, klub, dan tempat karaoke, di wilayah metropolitan Seoul akan diizinkan untuk dibuka kembali secara bersyarat ketika langkah-langkah Level 2,5 berakhir.

Pihak berwenang mengatakan, mereka akan memutuskan apakah akan menurunkan level pada akhir pekan mendatang.

Meskipun tren menurun, pejabat kesehatan tetap waspada terhadap varian baru virus corona yang pertama kali dilaporkan di Inggris.

Negara tersebut telah melaporkan 16 kasus varian. Pihak berwenang memperpanjang larangan penerbangan penumpang yang berangkat dari Inggris hingga 21 Januari.

Baca Juga: Semua warga Korea Selatan akan diberikan vaksin Covid-19 secara gratis

Dari kasus yang ditularkan secara lokal, ibu kota Seoul menyumbang 137 kasus, dan Provinsi Gyeonggi di sekitarnya menampung 142. Incheon, yang berada di sebelah barat Seoul, memiliki 18 kasus baru. Wilayah Seoul yang lebih luas menyumbang sekitar setengah dari populasi negara.

Di luar Seoul yang lebih besar, kota pelabuhan Busan melaporkan 16 kasus tambahan dan Provinsi Gyeongsang Selatan menambahkan 13 kasus.

Di antara kasus yang dikonfirmasi, 32 diimpor dari luar negeri.

 

Selanjutnya: Kim Jong Un: Kegiatan politik luar negeri kami untuk menundukkan AS, musuh terbesar

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×