kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45764,61   -6,06   -0.79%
  • EMAS887.000 -1,88%
  • RD.SAHAM 0.90%
  • RD.CAMPURAN 0.65%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.47%

Kasus virus corona di Jerman naik menjadi 18, satu orang dalam kondisi kritis


Rabu, 26 Februari 2020 / 08:15 WIB
Kasus virus corona di Jerman naik menjadi 18, satu orang dalam kondisi kritis
ILUSTRASI. Ilustrasi virus corona. Mandatory credit Kyodo/via REUTERS

Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - BERLIN. Seorang pria berusia 25 tahun yang tinggal di negara bagian selatan Jerman, Baden-Wuerttemberg, dinyatakan positif terkena virus corona setelah melakukan perjalanan ke Milan. Sementara, seorang pria lain yang berada jauh di utara berada dalam kondisi kritis dengan penyakit yang sama.

Melansir Reuters, Kementerian Kesehatan Baden-Wuerttemberg mengatakan pria di negara bagian selatan itu, yang kemungkinan terinfeksi selama kunjungannya ke Italia, telah menghubungi rumah sakit setelah mengalami gejala mirip flu. Terkait hal tersebut, pria itu akan diisolasi dari pasien lain.

"Orang-orang yang berhubungan dekat dengan pasien akan ditempatkan di rumah isolasi dan ditanyai tentang kondisi kesehatan mereka setiap hari," katanya. "Begitu orang yang mengalami kontak mengalami gejala flu, mereka juga akan segera diisolasi di rumah sakit."

Baca Juga: Bikin cemas, ini 28 fakta yang menunjukkan virus corona kian menyebar di luar China

Di Rhine-Westphalia Utara, kementerian kesehatan negara itu mengatakan seorang pria dirawat di rumah sakit pada Senin sore dengan gejala pneumonia parah.

"Pasien dalam kondisi kritis dan saat ini sedang diisolasi di unit perawatan intensif," kata kementerian itu.

“Istri pasien juga dirawat sebagai pasien rawat inap dengan gejala penyakit virus. Kondisinya saat ini stabil. Diagnosis apakah dia juga terinfeksi virus masih belum diketahui, menunggu hasil tes,” demikian bunyi pernyataan tersebut seperti dikutip Reuters.

Baca Juga: Singapore Airlines batalkan penerbangan ke kota-kota di Indonesia, ini alasannya

Sekolah dan taman kanak-kanak di distrik Heinsberg, Rhine-Westphalia Utara, tempat pria itu berasal, akan tetap ditutup pada hari Rabu sebagai tindakan pencegahan, kata kementerian itu.

Kasus-kasus baru yang dikonfirmasi menjadikan total kasus virus corona mencapai 18 orang di Jerman. Tidak ada kematian yang dilaporkan.

Baca Juga: Wakil menteri kesehatan Iran: Saya terinfeksi virus corona

Pemasok mobil Webasto mengatakan, bulan lalu seorang karyawan China dites positif terkena virus setelah kembali ke China dari kunjungan ke kantor pusat perusahaan di dekat Munich. Pegawai itu tampaknya turut menginfeksi beberapa rekan di Jerman selama kunjungan.

Virus corona baru, yang diyakini berasal dari satwa liar ilegal yang dijual di kota Wuhan di China akhir tahun lalu, telah menginfeksi sekitar 80.000 orang dan menewaskan lebih dari 2.600 orang. Mayoritas dari mereka berada di China.

Baca Juga: Gara-gara kasus pria Jepang, banyak yang cemas soal kemampuan deteksi virus corona RI

Tetangga Jerman, Swiss, juga mengonfirmasi kasus pertama dari virus corona pada hari Selasa. Austria juga mengonfirmasi dua kasus pertamanya pada hari Selasa.



TERBARU

[X]
×