kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Kedubes AS di Jakarta terbitkan peringatan jelang pengumuman hasil pemilu


Jumat, 17 Mei 2019 / 20:00 WIB

Kedubes AS di Jakarta terbitkan peringatan jelang pengumuman hasil pemilu

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menjelang pengumuman resmi hasil pemilihan presiden dan anggota legislatif yang akan dilakukan pada Rabu (22/5), Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta menerbitkan peringatan bagi warganya di Indonesia.

Lewat situs resminya, Kedubes Amerika Serikat mengutip kepolisian Indonesia yang menyebut meningkatnya risiko aksi teroris terkait dengan pengumuman hasil pemilu.Selain itu, berbagai media di Indonesia sudah mengabarkan sejumlah penangkapan terduga teroris menjelang pengumuman hasil pemilu.


Kedubes AS menambahkan, aksi unjuk rasa amat mungkin terjadi di kantor-kantor yang terkait pemilu dan di beberapa lokasi publik.Beberapa lokasi rawan unjuk rasa yang disebut Kedubes AS adalah kantor KPU Pusat di Menteng dan kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) di Jl Thamrin, Jakarta Pusat.

Selain itu, masih menurut Kedubes AS, unjuk rasa terkait pemilu juga bisa terjadi di Surabaya dan Medan. Meski demikian, lanjut kedubes, kepolisian Indonesia sudah menegaskan telah mengamankan semua lokasi yang terkait pemilu dan lokasi lain di Jakarta.

Penutupan jalan dan pengalihan arus lalu lintas amat mungkin terjadi saat unjuk rasa digelar. Mengingat kondisi tersebut maka Kedubes Amerika Serikat di Jakarta meminta warganya di Indonesia agar:

  • Menghindari lokasi unjuk rasa atau kegiatan politik terjadi dan tetap waspada jika berada di dekat lokasi-lokasi tersebut.
  • Memantu media terkait kegiatan lokal, mewaspadasi situasi sekitar, dan mempraktikkan keamanan pribadi.
  • Mendaftarkan diri di Program Pelancong Cerdas (STEP) untuk mendapatkan informasi terbaru soal masalah keamanan.
  • Ikuti akun Twitter dan Facebook Konsulat Jenderal AS di Surabaya dan Kedubes AS di Jakarta. (Ervan Hardoko)
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jelang Pengumuman Hasil Pemilu, Kedubes AS di Jakarta Terbitkan Peringatan"


Sumber : Kompas.com
Editor: Noverius Laoli

Video Pilihan


Close [X]
×