Kekacauan Terjadi di Bandara AS karena Lebih 2.600 Penerbangan Dibatalkan

Senin, 03 Januari 2022 | 09:44 WIB Sumber: Al Jazeera
Kekacauan Terjadi di Bandara AS karena Lebih 2.600 Penerbangan Dibatalkan

ILUSTRASI. Bandara AS. REUTERS/Kevin Mohatt


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perjalanan menggunakan moda transportasi udara terganggu parah di Amerika Serikat, akibat cuaca buruk di beberapa negara bagian menambah dampak lonjakan infeksi COVID-19 yang dipicu oleh varian Omicron.

AS memiliki 2.604 penerbangan yang dibatalkan pada hari Sabtu, lebih dari setengah dari 4.529 dibatalkan di seluruh dunia, tak lama setelah 16:30 (21:30 GMT), menurut situs web pelacakan FlightAware.

Di antara maskapai internasional, China Eastern membatalkan lebih dari 500 penerbangan, atau sekitar seperempat dari totalnya, dan Air China membatalkan lebih dari 200 penerbangan, seperlima dari jadwalnya, menurut FlightAware.

Pembatalan di AS merupakan korban satu hari tertinggi sejak tepat sebelum Natal ketika maskapai mulai mengumumkan kekurangan staf sebagai akibat dari meningkatnya infeksi COVID di antara awak. Maskapai penerbangan AS yang terkena dampak terburuk adalah Southwest, yang harus membatalkan 450 penerbangan secara nasional atau 13 persen dari jadwal penerbangannya, menurut situs tersebut.

Baca Juga: Kasus COVID-19 Baru di AS Melonjak ke Rekor Tertinggi, Dipicu Varian Omicron

American Airlines dan Delta Air Lines masing-masing membatalkan lebih dari 200 penerbangan, dan United Airlines membatalkan lebih dari 150.

SkyWest, maskapai regional yang mengoperasikan penerbangan dengan nama American Eagle, Delta Connection dan United Express, menghentikan 480 penerbangan, seperempat dari jadwalnya. Seorang juru bicara mengatakan cuaca di kota Chicago, Denver dan Detroit serta lonjakan COVID harus disalahkan.

Bandara di Chicago sangat terpukul karena cuaca buruk, dengan badai salju diperkirakan akan melanda daerah itu pada Sabtu sore hingga malam hari. Lebih dari 800 penerbangan dibatalkan di Bandara O'Hare dan lebih dari 250 di Bandara Midway. Lebih dari 12.000 penerbangan AS telah dibatalkan sejak 24 Desember.

Maskapai mengatakan mereka mengambil langkah-langkah untuk mengurangi pembatalan. United menawarkan untuk membayar pilot tiga kali lipat atau lebih dari gaji biasa mereka untuk mengambil penerbangan terbuka hingga sebagian besar Januari. 

Spirit Airlines mencapai kesepakatan dengan Asosiasi Pramugari untuk pembayaran ganda bagi awak kabin hingga Selasa, kata seorang juru bicara serikat pekerja. Industri perjalanan udara global masih belum pulih dari varian Omicron yang sangat menular.

Banyak pilot, pramugari, dan staf lainnya tidak masuk kerja setelah tertular COVID, atau dikarantina setelah melakukan kontak dengan orang yang terinfeksi.

Editor: Handoyo .

Terbaru