kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45899,85   2,25   0.25%
  • EMAS1.378.000 0,95%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kekayaan Orang Tajir Dunia Melonjak Berkat Ledakan Pasar Saham yang Didorong AI


Rabu, 21 Juni 2023 / 16:37 WIB
Kekayaan Orang Tajir Dunia Melonjak Berkat Ledakan Pasar Saham yang Didorong AI
ILUSTRASI. Kekayaan Orang Tajir Dunia Melonjak Berkat Ledakan Pasar Saham yang Didorong AI


Sumber: businessinsider.com | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Kekayaan orang-orang terkaya di dunia telah mengalami peningkatan lebih dari US$ 150 miliar berkat ledakan pasar saham yang didorong oleh kecerdasan buatan (AI).

Pada tahun 2023, kecerdasan buatan menjadi salah satu faktor penentu dalam perdagangan saham, yang juga membantu orang kaya semakin kaya.

Melonjaknya minat terhadap kecerdasan buatan ChatGPT dengan cepat menyebar ke seluruh pasar, dengan para investor ternama segera berinvestasi dalam perusahaan yang mereka percaya dapat mendorong kemasyuran kecerdasan buatan.

Baca Juga: Larry Ellison Naik Ke Posisi Ketiga Terkaya Dunia, Ini Sumber Kekayaannya

Raksasa teknologi seperti Meta Platforms dan Nvidia telah mengalami kenaikan keuntungan tiga digit berkat ledakan kecerdasan buatan. Sementara Microsoft, perusahaan induk Google Alphabet, dan Oracle juga telah mengalami lonjakan yang signifikan.

Hal ini telah membantu para pendiri perusahaan yang sebelumnya sudah termasuk dalam daftar orang terkaya di dunia pada awal tahun 2023 menjadi semakin kaya.

Saham Meta telah mengalami kenaikan sebesar 134% sepanjang tahun ini berkat peningkatan dalam kecerdasan buatan dan upaya "tahun efisiensi" yang dilakukan oleh Zuckerberg dalam memotong biaya. 

Kenaikan ini telah meningkatkan kekayaan pendiri Facebook sebesar lebih dari US$ 57 miliar menurut indeks Bloomberg Billionaires.

Pada saat yang sama, pendiri Oracle, Larry Ellison, berhasil mengalahkan Bill Gates dalam daftar orang terkaya untuk pertama kalinya pada awal pekan ini, dengan kekayaannya meningkat sebesar US$ 47 miliar pada tahun 2023 berkat keuntungan saham teknologi sebesar 55%.

Baca Juga: Larry Ellison Geser Posisi Jeff Bezos dari Daftar Ketiga Orang Terkaya Dunia




TERBARU

[X]
×