kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kian Tegang dengan China, Taiwan Bakal Perpanjang Masa Wajib Militer


Selasa, 27 Desember 2022 / 11:32 WIB
Kian Tegang dengan China, Taiwan Bakal Perpanjang Masa Wajib Militer
ILUSTRASI. Bendera Taiwan dan China. REUTERS/Dado Ruvic/Illustration


Sumber: Channelnewsasia.com | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - TAIPEI. Taiwan akan mengumumkan rencana untuk memperpanjang wajib militer menjadi satu tahun dari saat ini empat bulan. Seorang pejabat senior pemerintah Taiwan menyebut kebijakan ini diambil untuk menghadapi tekanan militer China yang meningkat.

Kantor Presiden Taiwan mengatakan Tsai Ing-wen akan mengadakan pertemuan keamanan nasional pada Selasa pagi untuk membahas penguatan pertahanan sipil di negara tersebut diikuti dengan konferensi pers tentang langkah-langkah pertahanan sipil baru.

Tim keamanan Tsai, termasuk pejabat tingkat tinggi dari kementerian pertahanan dan Dewan Keamanan Nasional, telah meninjau sistem militer Taiwan sejak 2020 di tengah meningkatnya ancaman China.

“Berbagai perilaku sepihak China telah menjadi perhatian utama bagi keamanan kawasan,” kata pejabat yang tak disebutkan namanya tersebut.

Baca Juga: Kebijakan Nol COVID-19 Dicabut, China Bersiap Hidup dengan Pandemi

Reformasi militer juga akan mencakup peningkatan pelatihan untuk wajib militer, seperti memperkenalkan instruksi tempur yang digunakan oleh pasukan AS dan memperkuat latihan menembak, seraya menambahkan bahwa sistem baru dijadwalkan mulai berlaku pada tahun 2024.

Taipei, yang menolak klaim kedaulatan Beijing sebelumnya melaporkan serangan angkatan udara China terbesar ke zona identifikasi pertahanan udara negara tersebut dengan 43 pesawat China melintasi perbatasan tidak resmi antara kedua belah pihak.

China juga menggelar latihan perang di dekat Taiwan pada Agustus setelah kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taipei.

Pemerintah sebelumnya di bawah Partai Progresif Demokratik yang berkuasa dan oposisi utama Kuomintang memotong kewajiban wajib militer dari sebelumnya lebih dari dua tahun menjadi empat bulan untuk menyenangkan pemilih yang lebih muda karena ketegangan antara Taipei dan Beijing mereda. 




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×