kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kim Jon Un beri pujian ke angkatan bersenjatanya, ini alasannya


Kamis, 10 September 2020 / 06:11 WIB
Kim Jon Un beri pujian ke angkatan bersenjatanya, ini alasannya
ILUSTRASI. Kim Jon Un beri pujian ke angkatan bersenjatanya, ini alasannya. KCNA via REUTERS


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Pyongyang. Pemimpin Tertinggi Korea Utara, Kim Jong Un memuji angkatan bersenjatanya dalam menangani bencana alam setelah topan melanda negara itu. Tampaknya Kim Jong Un puas dengan upaya angkatan bersenjata dalam kondisi tanggap darurat.

Pujian tersebut disampaikan Kim Jong Un setelah mengunjungi lokasi yang dilanda banjir selama akhir pekan. Kim pada Selasa (8/9/2020) memimpin pertemuan keenam yang diperbesar dari Komisi Militer Pusat Ketujuh Partai Buruh Korea yang berkuasa di Pyongyang. Rapat itu membahas 'kerusakan parah' yang terjadi di daerah Komdok, Provinsi Hamgyong Selatan akibat badai topan.

Kehancuran itu cukup membuat para penguasa Korut memikirkan kembali capaian akhir tahun mereka, sebelum Kongres Partai yang kedelapan yang sangat dinanti-nantikan pada Januari mendatang. Seorang pejabat resmi Korut dilansir dari kantor berita KCNA mengatakan bahwa berdasarkan arahan Kim Jong Un, kondisi rusak akibat topan membuat semua rencana untuk akhir tahun berubah haluan.

Badai topan itu telah menghancurkan sekitar 2.000 rumah dan puluhan bangunan umum. Menyapu lebih dari 59,5 kilometer jalan raya di 45 tempat, menghancurkan 59 jembatan dan 3.2 kilometer jalur kereta api di 31 tempat. Ribuan rel kereta di 2 lokasi juga rusak akibat badai topan.

Baca juga: Silakan pilih, lelang rumah murah sitaan bank di Depok hanya Rp 300-an juta,

Situs pertambangan utama seperti Kompleks Pertambangan Komdok, Tambang Pahlawan Pemuda Taehung, Tambang Ryongyang dan Tambang Paekbawi paling parah terkena dampak. Kerusakan mereka "menyebabkan keadaan darurat dan kelumpuhan total sistem transportasi." Di Komdok, sebuah bendungan bahkan runtuh sehingga air mengalir deras dan menghanyutkan alat-alat penting.

Untuk mengatasi itu semua, Kim mengandalkan kekuatan militer. Dia meminta para anggota militernya untuk "bekerja dan mengabdi bagi orang-orang hebat kita, partai besar dan negara besar sebagaimana layaknya angkatan bersenjata Republik Rakyat Demokratik Korea yang andal dan dengan demikian bisa berhasil menyelesaikan misi tempur suci mereka."

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Berhasil Tangani Dampak Topan, Kim Jong Un Puji Anggota Militer",


Penulis : Miranti Kencana Wirawan
Editor : Miranti Kencana Wirawan

Selanjutnya: Masih muda, WNI ini sudah jadi profesor dan dosen terbaik di universitas di Jerman




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×