Kim Jong Un: Olimpiade Beijing yang Sukses adalah Kemenangan Besar China

Jumat, 04 Februari 2022 | 14:41 WIB Sumber: Reuters
Kim Jong Un: Olimpiade Beijing yang Sukses adalah Kemenangan Besar China

ILUSTRASI. Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menyambut Presiden China Xi Jinping di Bandara Internasional Pyongyang di Pyongyang, Korea Utara, dalam foto tak bertanggal yang dirilis pada 21 Juni 2019 oleh KCNA. KCNA via Reuters.


KONTAN.CO.ID - SEOUL. Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengirim pesan kepada Presiden China Xi Jinping untuk mengucapkan selamat atas penyelenggaraan Olimpiade Musim Dingin Beijing sebagai kemenangan besar.

“Pembukaan Olimpiade Musim Dingin Beijing yang sukses terlepas dari krisis kesehatan di seluruh dunia dan keadaan parah yang belum pernah terjadi sebelumnya adalah kemenangan besar lainnya yang dimenangkan oleh China sosialis,” kata Kim dalam surat kepada Xi, seperti dikutip KCNA dan Reuters lansir Jumat (4/2).

Kim mengatakan, dia akan "terus mengembangkan hubungan antara kedua pihak dan kedua negara ke tahap tinggi yang baru".

Menurut Kim, hubungan antara kedua negara “telah direkatkan ke dalam hubungan strategis yang tak terkalahkan yang tidak akan pernah bisa dipatahkan oleh apa pun dalam perjuangan untuk membela dan memajukan tujuan bersama”.

Baca Juga: IOC: Beijing Siap Menyelenggarakan Olimpiade Musim Dingin dengan Aman dan Luar Biasa

Olimpiade Musim Dingin 2022 akan dibuka di Beijing pada Jumat (4/2) malam.

Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa pada hari yang sama akan membahas uji coba rudal Korea Utara, termasuk peluncuran rudal balistik jarak menengah pada Minggu (30/1), tes pertama dari jenis itu sejak 2017.

Dalam surat sebelumnya dari otoritas olahraga pada Januari lalu, Korea Utara mengatakan, tidak akan menghadiri Olimpiade di China, dengan menyalahkan "kekuatan musuh" dan risiko Covid-19.

Atlet Korea Utara tidak memenuhi syarat untuk bersaing di bawah bendera nasional mereka setelah negara itu diskors oleh Komite Olimpiade Internasional (IOC) hingga akhir 2022. Sebab, Korea Utara tidak mengirim tim ke Olimpiade Musim Panas Tokyo tahun lalu, dengan alasan kekhawatiran pandemi Covid-19.

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru