kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kim Jong Un ternyata sudah menikah


Kamis, 26 Juli 2012 / 11:56 WIB
Kim Jong Un ternyata sudah menikah
ILUSTRASI. Sejumlah alat berat Komatsu milik United Tractors dipajang saat pameran Mining Indonesia 2019 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Rabu (18/9). KONTAN/Cheppy A. Muchlis/18/09/2019


Reporter: Barratut Taqiyyah, Bloomberg | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

SEOUL. Warga Korea Utara dan masyarakat dunia belakangan ini bertanya-tanya mengenai kehadiran seorang wanita yang selalu tampak mendampingi Kim Jong Un, pemimpin Korea Utara. Nah, akhirnya, rasa penasaran itu akhirnya bisa terjawab.

Rupanya, sang wanita yang berambut pendek tersebut adalah istri Kim Jong Un. Berdasarkan siaran televisi milik pemerintah setempat, Korean Central News Agency (KCNA) melaporkan, Kim Jong Un menghadiri pembukaan taman bermain di ibukota Pyongyang kemarin bersama istrinya Ri Jo Sul.

Sayangnya, KCNA tidak mengungkapkan secara detil kapan Kim dan Ri menikah atau memberikan informasi lain mengenai latar belakang Ri.

Sejumlah analis menilai, pengumuman bahwa Kim sudah menikah bertujuan untuk mengukuhkan kepemimpinan Kim di Korea Utara.

"Hal ini merupakan bagian dari proses legitimasi Kim Jong Un. Pengumuman bahwa dirinya sudah menikah dan kesaamaan sifatnya dengan sang kakek Kim Il Sing, membuat dirinya sebagai pemimpin yang karismatik seperti kakeknya. Selama 17 tahun terakhir, Korea Utara tidak memiliki pemimpin yang karismatik karena Kim Jong Il sangat tertutup," papar David Maxwell, associate director of Georgetown University's Center for Security Studies di Washington.

Sebelumnya, warga Korut bertanya-tanya tentang kehadiran seorang wanita di samping Kim pada beberapa kesempatan yang tampak pada siaran televisi setempat.

Pada acara 6 Juli lalu yang menampilkan anggota band berkostum anggota Walt Disney seperti Winnie the Pooh, Tigger, Minnie Mouse, misalnya, Ri tampak duduk di sebelah Kim. Meski berpotongan rambut pendek, Ri tampak anggun dengan balutan blazer hitam dan rok selutut.

Ri juga merupakan perempuan sama yang tampak mendampingi Kim dalam kunjungannya ke sekolah Taman Kanak-Kanak di Pyongyang. Dalam foto yang ditampilkan di sejumlah situs Korea Utara, pada kesempatan itu, Ri tampak mengenakan gaun kuning polkadot dipadu dengan jaket putih. Dalam foto tersebut, Ri tampak tertawa di sebelah Kim dan menepuk kepala seorang anak.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×