kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kinerja Buruk Industri Teknologi Bakal Berlanjut Hingga 2023


Kamis, 15 Desember 2022 / 15:41 WIB
Kinerja Buruk Industri Teknologi Bakal Berlanjut Hingga 2023
ILUSTRASI. Industri teknologi


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pepatah “tahun baru, harapan baru” tak berlaku bagi industri teknologi global. Menyongsong pergantian tahun, industri ini diproyeksikan berada dalam bayang-bayang buruk di 2023 nanti.

Itu merupakan kelanjutan dari kinerja industri teknologi sepanjang tahun ini yang dulunya booming kini menjadi sebuah malapetaka. Contohnya, Meta yang bahkan harus memberhentikan pekerjanya.

Berbagai masalah meliputi sektor ini, dari kemacetan rantai pasokan yang telah menumpulkan kemampuan Apple untuk memenuhi permintaan iPhone, upaya Komisi Perdagangan Federal (FTC) untuk memblokir kesepakatan Activision Blizzard dan Microsoft senilai US$ 69 miliar hingga pemutusan hubungan kerja Amazon.

Bob O'Donnell, presiden dan kepala analis di TECHnalysis Research melihat tren itu tidak akan berubah dalam waktu dekat. Itu bisa berarti kehilangan pekerjaan lebih lanjut dan harga saham yang lebih rendah untuk perusahaan yang dulunya tampak tak tersentuh.

PHK massal di perusahaan seperti Meta, Snap (SNAP), dan HP (HPE) mengguncang industri teknologi pada tahun 2022, dan kemungkinan masih ada lebih banyak kesulitan dalam waktu dekat.

Baca Juga: Perkuat Industri Fintech dari Kredit Macet, Ini yang Dilakukan AFPI

“Saya pikir pada tahun 2023 kita akan terus melihat sedikit perubahan ukuran di beberapa organisasi, tetapi saya pikir semuanya akan beres,” jelas O'Donnell dikutip dari Yahoo Finance, Kamis (15/12).

Perusahaan di seluruh sektor teknologi juga telah menerapkan pembekuan perekrutan yang akan berlanjut hingga tahun baru.

Pada bulan November, Amazon, yang memusnahkan 10.000 pekerja dari daftar gajinya, mengumumkan akan menghentikan perekrutan perusahaan tambahan, sebuah langkah yang diperkirakan akan berlangsung beberapa bulan.

Di luar PHK dan pembekuan perekrutan, perlambatan penjualan iklan digital yang telah membakar YouTube dan Meta milik Google juga diperkirakan akan berlanjut hingga tahun 2023.

Dalam laporan pendapatan Oktober, Induk Google, Alphabet, melaporkan penjualan iklan YouTube yang meleset dari ekspektasi analis sebesar US$ 400 juta.

Meta dan Snap, sementara itu, mengalami penurunan penjualan iklan dan dampak berkelanjutan dari perubahan privasi iOS Apple, yang telah melumpuhkan kemampuan perusahaan tersebut untuk melacak aktivitas pengguna di web.

Di Q3, Meta mengumumkan mengharapkan pendapatan kuartal keempat antara US$ 30 miliar dan US$ 32,5 miliar. Wall Street mengharapkan US$ 32,2 miliar. Semua ini terjadi saat Meta terus menginvestasikan miliaran dolar ke dalam upaya metaverse-nya.

Baca Juga: OJK Cabut Izin Usaha Pembiayaan dari Mandiri Finance Indonesia

Microsoft, sementara itu, sedang mencoba membeli Activision Blizzard seharga US$ 69 miliar, tetapi harus mengalahkan gugatan FTC yang berusaha memblokir akuisisi tersebut. Raksasa teknologi itu masih menunggu regulator persaingan UE dan Inggris untuk mempertimbangkan kesepakatan itu. Kami kemungkinan akan mendengar lebih banyak di awal 2023.

Terlepas dari semua malapetaka dan kesuraman, ada beberapa kabar baik di depan untuk perusahaan teknologi pada tahun 2023. Menurut analis Wedbush Dan Ives, gempuran berita ekonomi negatif akan melambat di paruh kedua tahun ini. Terlebih lagi, perangkat lunak dan keamanan siber akan mengalami pertumbuhan yang solid di tahun baru.

"Menurut saya, teknologi besar, dari Apple hingga Microsoft, hingga Meta, dan Google, 2023 akan menjadi tahun yang relatif kuat untuk saham-saham tersebut.” kata Ives

Jadi, sementara industri teknologi mungkin masih menghadapi kesulitan beberapa bulan ke depan, setidaknya ada perasaan bahwa kerusakan terburuk telah terjadi, dan perubahan haluan akan datang pada akhirnya.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×