Kisah Kwon, anak 12 tahun yang raup cuan besar di saham ingin seperti Warren Buffett

Selasa, 09 Februari 2021 | 19:16 WIB Sumber: Reuters
Kisah Kwon, anak 12 tahun yang raup cuan besar di saham ingin seperti Warren Buffett

Kwon Joon melihat ke monitor saat dia memeriksa informasi investasi di kamarnya di Jeju, Korea Selatan, 8 Februari 2021.


KONTAN.CO.ID - SEOUL. Kwon Joon, anak berusia 12 tahun asal Korea Selatan bermimpi menjadi seperti Warren Buffett. Mimpi tersebut muncul setelah Kwon berhasil mencetak keuntungan sebesar 43% di pasar saham pada 2020 lalu.

Mengutip Reuters, Selasa (9/2), awalnya, Kwon mendesak ibunya membuka rekening perdagangan di bursa saham pada April 2020. Kemudian ia menggunakan uang tabungannya sebesar 25 juta won atau setara US$ 22.400 atau sebesar Rp 313,6 juta sebagai modal awal. Ia membeli saham tepat ketika indeks acuan KOSPI mulai pulih dari penurunan terbesarnya dalam satu dekade.

“Saya benar-benar membujuk orang tua saya untuk melakukannya, karena saya percaya seorang ahli yang mengatakan (di TV) bahwa ini adalah kesempatan sekali dalam satu dekade,” kata Kwon.

"Panutan saya adalah Warren Buffett," tambahnya, mengacu pada investor miliarder asal Amerika Serikat (AS).

Baca Juga: Investor domestik jadi penopang IHSG

Kwon mengatakan, daripada perdagangan harian terfokus jangka pendek, ia ingin menyimpan investasi sahamnya  selama 10 hingga 20 tahun dengan perspektif jangka panjang. "Semoga dapat memaksimalkan keuntungan saya,” tuturnya.

Sekrang ini investor pemula Korea Selatan seperti Kwon mulai bermunculan di Korsel. Mereka ini suka pada metode investasi nilai (value investing) pada saham blue chip dengan dana yang dikumpulkan dari hadiah, memperdagangkan mainan mobil mini, dan menjalankan mesin penjual otomatis, telah memimpin kebangkitan perdagangan ritel di tengah pandemi virus corona.

Saat ini, di Korsel, banyak investor ritel berasal dari kalangan anak muda. Mereka menghasilkan lebih dari dua pertiga dari total nilai yang diperdagangkan di bursa saham tahun lalu.

Data menunjukkan, sekitar 70% dari 214.800 akun pialang saham di Kiwoom Securities diisi anak di bawah umur. Kiwoom Securities merupakan pialang paling ramah ritel di Korea Selatan, dengan pangsa pasar lebih dari seperlima, didirikan pada Januari 2020.

Baca Juga: Terkait pengelolaan dana Asabri, ini penjelasan direksi Trimegah AM

Editor: Noverius Laoli

Terbaru