Klub Cina Bangun Stadion Sepak Bola Lebih Besar dari Camp Nou

Jumat, 17 April 2020 | 13:30 WIB Sumber: DW.com
Klub Cina Bangun Stadion Sepak Bola Lebih Besar dari Camp Nou

ILUSTRASI. Stadion sepak bola Camp Nou, Barcelona


KONTAN.CO.ID - DW. Jawara Liga Super Cina, Guangzhou Evergrande memanfaatkan kelonggaran karantina buat memulai proses pembangunan stadion baru berkapasitas 100.000 penonton, pada Kamis (16/4). 

Stadion senilai 1,7 miliar Dollar AS itu sekaligus menjadi arena khusus sepak bola dengan kapasitas penonton terbesar di dunia.

Hanya stadion Rungrado dengan lintasan atletik di Korea Utara, stadion AT&T Dallas Cowboys dan Melbourne Cricket Ground yang memiliki kapasitas lebih besar dan tidak khusus untuk sepak bola.

Kandang Guangzhou Evergrande nantinya akan mampu menampung lebih banyak penonton ketimbang stadion Camp Nou milik klub FCBarcelona. 

Jika semua berjalan sesuai rencana, stadion baru ini sudah bisa mulai digunakan pada akhir 2022, tulis kantor berita Xinhua.

Pihak klub mengatakan stadion ini berdesain unik dengan konstruksi bunga lotus di sekujur bangunan yang terinspirasi dari julukan kota Guangzhou sebagai “kota bunga.”

Kendati demikian, status arena sepakbola terbesar tidak akan dinikmati stadion Guanzhou untuk waktu lama. FC Barcelona saat ini telah merencanakan pengembangan stadion Camp Nou untuk bisa menampung 105.000 penonton.

Ambisi besar pemerintah Cina

Guangzhou yang pernah menjuarai Liga Super sebanyak delapan kali, kini dilatih oleh veteran pemain tim nasional Italia, Fabio Cannovaro. Bersama sang juara dunia, Guangzhou berhasil memenangkan Liga Champions Asia dua kali.

Saat ini Guangzhou bermarkas di Tianhe Stadium yang berkapasitas 60.000 kursi. Kendati demikian klub mencatat rata-rata tingkat kedatangan sebanyak 50.000 penonton di setiap laga kandang.

Ambisi Guangzhou sejalan dengan kebijakan pemerintah Cina mempromosikan sepakbola secara agresif di dalam negeri. Selain Guangzhou, sejumlah stadion anyar lain sedang atau akan dibangun di seluruh penjuru negeri.

Rival terbesar Guangzhou, Shanghai SIPG juga dikabarkan sedang membangun arena baru berkapasitas 33.000 penonton yang akan tuntas akhir 2021. 

Cina terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia Antarklub pada 2021 dan Piala Asia pada 2023. Adapun pemerintah kota Shanghai sudah mengajukan diri sebagai tuan rumah Olimpiade 2032.

Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti
Tag

Terbaru