Berita HOME

Klub Sepak Bola Turki Restrukturisasi Utang

Senin, 07 Januari 2019 | 16:08 WIB
Klub Sepak Bola Turki Restrukturisasi Utang

Sumber: Reuters | Editor: Tedy Gumilar

KONTAN.CO.ID - ISTANBUL. Asosiasi Perbankan Turki menggelar pembicaraan dengan ketua klub sepak bola top negara itu untuk merestrukturisasi utang mereka yang membengkak. Total utang dari empat klub besar Super Lig mencapai lebih dari 10 miliar lira. Ini setara dengan US$ 1,87 miliar (US$ 1 = 5,3471 lira).

Yildirim Demiroren, Ketua Federasi Sepak Bola Turki (TFF), Ketua Asosiasi Perbankan Turki (TBB) Huseyin Aydin dan ketua klub bertemu di markas Ziraat Bank untuk membahas persyaratan restrukturisasi. Demikian dilaporkan TRT Spor dan dikutip Reuters (7/1).

Klub diminta untuk menyajikan laporan pendapatan dan pengeluaran mereka ke TBB pada akhir Januari. "Mitra TBB dan konsorsium yang akan memeriksa laporan akan membuat rencana terpisah untuk masing-masing klub. Usulan untuk membagi utang menjadi lima angsuran juga akan dievaluasi," kata TRT Spor.

Sementara itu harga saham klub sepak bola Turki melonjak menyusul laporan tersebut. Klub raksasa Turki, yakni Fenerbahce, Galatasaray, dan Besiktas naik lebih dari 5%. Sementara saham Trabzonspor naik 4%.

Masalah keuangan yang membelit klub sepak bola Turki memang sudah mengkhawatirkan. Hal itu juga sudah merembet ke urusan pembayaran transfer pemain.

Misalnya, Trabzonspor yang harus dua kali berurusan dengan Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA). Gara-garanya, peringkat kedua klasemen sementara Super Liga itu menunggak pembayaran dua punggawa raksasa Italia, AC Milan. Pada bursa musim panas 2017 Trabzonspor memboyong Juraj Kucka dengan nilai transfer 5 juta euro dan José Sosa senilai 7 juta euro.

FIFA yang mendapat laporan dari AC Milan memperingatkan Trabzonspor agar segera melunasi kewajibannya. Namun peringatan tersebut tidak diindahkan klub Turki tersebut. Pada peringatan kedua, FIFA mengancam Trabzonspor tidak bisa mengikuti bursa transfer pemain. Dikutip dari Gazzetta.it (5/1) waktu setempat, Trabzonspor akhirnya melunasi kewajibannya ke AC Milan.

Terbaru
IHSG
7.036,08
1.67%
-119,22
LQ45
898,78
2.68%
-24,72
USD/IDR
16.208
0,29
EMAS
1.319.000
0,00%
Terpopuler