kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.308.000 -0,76%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kongsi Blackstone & TPG beli Gates Global


Rabu, 12 Maret 2014 / 08:40 WIB
Kongsi Blackstone & TPG beli Gates Global
ILUSTRASI. Belanja di merchant Kredivo bisa dapat cashback Rp 100.000 dengan QR atau barcode


Sumber: Wall Street Journal | Editor: Dessy Rosalina

NEW YORK. Aksi perusahaan investasi semakin menggeliat seiring pemulihan ekonomi global. Terbaru, Blackstone Group Inc. dan TPG Capital berkongsi mencaplok industri komponen mobil. Rencananya, dua raksasa perusahaan investasi ini berniat membeli Gates Global Inc seharga US$ 5,5 miliar atau Rp 66 triliun dengan kurs Rp 12.000.

"Blackstone dan TPG akan menawar Gates Rabu ini," bisik sumber Wall Street Journal, Senin (10/3). Kemunculan kongsi Blackstone dan TPG di Gates berawal dari tawaran pemilik Gates saat ini, yakni Onex Corp dan Canada Pension Plan Investment Board (CPPIB). Sejak akhir 2012, Onex dan Canada Pension sudah bulat hati merealisasikan keuntungan di Gates.

Onex dan Canada Pension berharap bisa mendapatkan dana segar sebesar US$ 6 miliar dari penjualan Gates. Demi mencapai ambisi itu, Onex dan Canada Pension telah menggandeng perbankan. Onex dan Canada Pension berencana mengundang investor baru lewat perhelatan penawaran saham perdana (IPO).

Gates dijadwalkan bakal menggelar IPO pada bulan ini. Gates melibatkan Goldman Sachs, Bank of America Merrill Lynch, Citigroup Inc dan Goldman sebagai advisor IPO. Empat bank ini masih menghitung valuasi Gates dalam IPO. Saat ini, CPPIB mengempit 41,5% saham Gates, sementara Onex memiliki 55,9% saham.

Hingga akhir September 2013, laba sebelum pajak Gates US$ 536 juta. Sementara pendapatannya mencapai US$ 2,9 miliar. Gates memproduksi komponen transmisi bagi industri otomotif. Konsumennya antara lain Deere & Co., Daimler AG dan Bombardier Inc.

Musim akuisisi

Andaikan kongsi Blackstone dan TPG sukses mengakuisisi Gates, aksi ini menjadi transaksi merger & akuisisi (M&A) terbesar kedua perusahaan ekuitas.Pekan lalu, perusahaan ekuitas Cerberus Capital Management mengakuisisi Safeway Inc. Safeway adalah jaringan toko grosir terbesar kedua di AS.

Cerberus membeli Safeway dengan harga US$ 9,4 miliar atau setara Rp 112,8 triliun dengan kurs Rp 12.000 per dollar AS.
TPG terus menambah portofolio. Pertengahan 2013, TPG membeli TSL Education, perusahaan penerbit Times Educational Supplement seharga US$ 400 juta. Di Indonesia, TPG mempunyai kepemilikan di Bank Tabungan Pensiunan Nasional dan BFI Finance.

Sedangkan Blackstone membenamkan investasi US$ 200 juta ke Crocs Inc, perusahaan sepatu di Niwot, Colorado. Blackstone menyandang predikat perusahaan investasi terbesar di dunia. n




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×