kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Korea Selatan Catatkan Inflasi di Level Tertinggi dalam 13 Tahun


Selasa, 03 Mei 2022 / 11:53 WIB
Korea Selatan Catatkan Inflasi di Level Tertinggi dalam 13 Tahun
ILUSTRASI. Warga menikmati hari musim semi yang cerah ditengah pandemi virus corona (COVID-19) di taman sungai Han di Seoul, Korea Selatan (19/4/2022). REUTERS/Kim Hong-Ji


Sumber: Channelnewsasia.com | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - SEOUL. Harga konsumen Korea Selatan pada bulan April naik jauh lebih cepat dari yang diharapkan dan pada laju tercepat mereka dalam 13 setengah tahun lebih dari setahun sebelumnya, dipimpin oleh lonjakan harga energi dan beberapa makanan, data pemerintah menunjukkan pada hari Selasa (Mei).

Data Statistik Korea menunjukkan indeks harga konsumen (CPI) naik 4,8 persen pada April dari tahun sebelumnya, meningkat dari kenaikan 4,1 persen pada bulan sebelumnya dan jauh lebih cepat dari kenaikan 4,4 persen yang diperkirakan dalam survei Reuters.

Bahkan melebihi perkiraan tertinggi di antara 11 ekonom dalam survei dan menandai pertumbuhan tahunan tercepat sejak Oktober 2008, sementara berdiri di atas target 2 persen bank sentral untuk bulan ke-13 berturut-turut.

Baca Juga: Dorong Penyelesaian Politik, China Prihatin Situasi Tegang di Semenanjung Korea

"Ini lebih cepat dari yang kami harapkan dan menunjukkan waktunya juga akan datang lebih lambat dari yang kami perkirakan ketika inflasi mulai melambat dan stabil," kata Stephen Lee, ekonom senior di Meritz Securities. "Itu tidak akan mengubah prospek suku bunga tetapi jelas mengejutkan pasar," tambahnya.

Indeks naik 0,7 persen dalam skala bulanan, dibandingkan dengan kenaikan 0,4 persen yang diperkirakan dalam survei, setelah naik 0,7 persen di bulan Maret. Inflasi inti, mengukur pertumbuhan harga tidak termasuk energi dan makanan, sedikit meningkat menjadi 3,1 persen yoy di April dari 2,9 persen pada Maret dan menandai tertinggi sejak Mei 2009.

Bank sentral Korea Selatan bulan lalu menaikkan suku bunga acuannya sebesar 25 basis poin menjadi 1,50 persen dalam sebuah langkah mengejutkan karena meningkatkan perang melawan inflasi.




TERBARU

[X]
×