kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Korea Utara Bantah Senjatanya Digunakan Hamas untuk Serang Israel


Jumat, 13 Oktober 2023 / 10:27 WIB
Korea Utara Bantah Senjatanya Digunakan Hamas untuk Serang Israel
ILUSTRASI. Korea Utara pada Jumat (13/10) membantah bahwa senjatanya digunakan oleh Hamas dalam serangan terhadap Israel. REUTERS/Mohammed Salem


Sumber: Channelnewsasia.com,Reuters | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - SEOUL. Korea Utara pada Jumat (13/10) membantah bahwa senjatanya digunakan oleh Hamas dalam serangan terhadap Israel, dan mengatakan bahwa klaim yang dibuat dalam beberapa laporan media adalah upaya Washington untuk mengalihkan kesalahan atas konflik tersebut ke negara ketiga.

Radio Free Asia melaporkan minggu ini dengan mengutip para ahli militer bahwa militan Hamas mungkin menggunakan senjata Korea Utara dan mengatakan rekaman para pejuang Palestina menunjukkan apa yang tampaknya merupakan peluncur roket yang diduga berasal dari Korea Utara.

Voice of America milik pemerintah AS juga mengutip seorang pakar intelijen yang mengatakan beberapa senjata yang digunakan oleh Hamas kemungkinan besar berasal dari Korea Utara.

Baca Juga: WTO Ingatkan Dampak Luar Biasa dari Konflik Israel-Hamas Terhadap Perdagangan Global

“Badan pers dan pakar semu pemerintahan AS menyebarkan desas-desus yang tidak berdasar dan salah bahwa 'senjata Korea Utara' tampaknya digunakan untuk menyerang Israel,” kata kantor berita resmi Korea Utara, KCNA.

“Ini hanyalah upaya untuk mengalihkan kesalahan atas krisis Timur Tengah yang disebabkan oleh kebijakan hegemonik yang salah ke negara ketiga dan dengan demikian menghindari kritik internasional yang berfokus pada kerajaan kejahatan,” katanya.

Juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS John Kirby pada hari Kamis mengatakan dia tidak dapat mengkonfirmasi laporan tentang sumber roket yang digunakan oleh Hamas.

Strategi keamanan Amerika Serikat di belahan dunia lain termasuk Semenanjung Korea tidak akan terpengaruh oleh krisis Israel-Hamas, tambah Kirby.

Baca Juga: Israel Mengaku Telah Jatuhkan 6.000 Bom ke Gaza Dalam Seminggu Terakhir

Media pemerintah Korea Utara awal pekan ini menyalahkan Israel karena menyebabkan pertumpahan darah di Gaza.

Korea Utara secara rutin menyalahkan Amerika Serikat karena mendorong semenanjung Korea ke jurang perang nuklir.

Konflik terbaru Israel-Palestina dimulai pada akhir pekan dengan serangan mendadak oleh Hamas, yang merupakan serangan paling mematikan yang dilakukan militan Palestina dalam sejarah Israel.

Selanjutnya: Saham Asia Tumbang, Data Inflasi AS Menghidupkan Kembali Potensi Kenaikan Suku Bunga

Menarik Dibaca: Promo KFC Oktober 2023, Pesan Aneka Menu Ayam Mulai Rp 19.000 hingga Rp 35.000




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×