kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.461.000   0   0,00%
  • USD/IDR 15.130   40,00   0,26%
  • IDX 7.697   -47,60   -0,61%
  • KOMPAS100 1.196   -13,16   -1,09%
  • LQ45 960   -10,60   -1,09%
  • ISSI 231   -1,75   -0,75%
  • IDX30 493   -3,97   -0,80%
  • IDXHIDIV20 592   -5,69   -0,95%
  • IDX80 136   -1,30   -0,95%
  • IDXV30 143   0,32   0,23%
  • IDXQ30 164   -1,28   -0,77%

Korea Utara dan Rusia Teken Pakta dalam Bidang Bantuan Militer


Kamis, 20 Juni 2024 / 15:07 WIB
Korea Utara dan Rusia Teken Pakta dalam Bidang Bantuan Militer
ILUSTRASI. Korea Utara dan Rusia telah sepakat untuk memberikan bantuan militer segera jika salah satu pihak menghadapi agresi bersenjata. Sputnik/Gavriil Grigorov/Pool via REUTERS


Sumber: Reuters | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - SEOUL. Korea Utara dan Rusia telah sepakat untuk memberikan bantuan militer segera jika salah satu pihak menghadapi agresi bersenjata, menurut teks lengkap pakta penting yang dirilis pada hari Kamis oleh Pyongyang setelah kunjungan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Beberapa jam setelah Putin berangkat ke pemberhentian berikutnya, Vietnam, media pemerintah Korea Utara mempublikasikan perjanjian Kemitraan Strategis Komprehensif" yang secara efektif menghidupkan kembali perjanjian pertahanan timbal balik yang sudah tidak berlaku sejak tahun 1960-an.

Perjanjian yang ditandatangani oleh Putin dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un pada hari Rabu ini merupakan salah satu langkah paling penting yang dilakukan Moskow di Asia dalam beberapa tahun terakhir. Putin mengunjungi China bulan lalu segera setelah pelantikannya untuk masa jabatan kelima sebagai presiden.

"Jika salah satu pihak menghadapi invasi bersenjata dan berada dalam keadaan perang, pihak lain akan segera menggunakan semua cara yang tersedia untuk memberikan bantuan militer dan bantuan lainnya sesuai dengan Pasal 51 Piagam PBB dan hukum masing-masing negara," demikian bunyi Pasal 4 perjanjian tersebut. Pasal 51 Piagam PBB mengatur hak negara anggota untuk mengambil tindakan pembelaan diri secara individu atau kolektif.

Baca Juga: Kim Jong Un Hadiahi Vladimir Putin Sepasang Anjing

Kim menggemakan pernyataan Putin yang secara eksplisit mengaitkan hubungan mereka yang semakin erat untuk melawan kebijakan hegemonik dan imperialis Barat dan Amerika Serikat pada khususnya, termasuk dukungannya untuk Ukraina.

Tidak jelas bagaimana perjanjian ini akan mempengaruhi perang Rusia melawan Ukraina, yang dimulai dengan invasi pada Februari 2022. Washington dan Seoul telah semakin khawatir dengan memperdalam kerja sama militer antara Rusia dan Korea Utara, dan menuduh keduanya melanggar hukum internasional dengan memperdagangkan senjata untuk digunakan Rusia melawan Ukraina. Para pejabat Ukraina mengatakan bahwa mereka telah menemukan puing-puing rudal Korea Utara di dalam negara mereka. Rusia dan Korea Utara menyangkal adanya perdagangan senjata.

Janji para pemimpin kedua negara, yang menghadapi isolasi internasional yang semakin meningkat, muncul di tengah meningkatnya kekhawatiran di antara Amerika Serikat dan sekutu-sekutunya di Asia mengenai seberapa besar Rusia akan mendukung Korea Utara, satu-satunya negara yang telah melakukan uji coba senjata nuklir pada abad ini.

Perjanjian tersebut mengatakan bahwa kedua belah pihak tidak akan menandatangani perjanjian apapun dengan negara ketiga yang melanggar kepentingan negara lain dan tidak akan membiarkan wilayahnya digunakan oleh negara manapun untuk membahayakan keamanan dan kedaulatan negara lain, kata KCNA.

Kedua negara akan mengambil tindakan bersama yang bertujuan untuk memperkuat kemampuan pertahanan untuk mencegah perang dan memastikan perdamaian dan keamanan regional dan internasional.

Korea Selatan mengatakan pihaknya menyesalkan bahwa perjanjian tersebut mencakup janji kerja sama teknologi militer, yang akan melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB tentang program senjata Korea Utara.

Gedung Putih tidak segera memberikan komentar mengenai isi perjanjian yang dilaporkan. Jepang menyatakan keprihatinan besar tentang janji Putin untuk tidak mengesampingkan kerja sama dengan Pyongyang dalam hal teknologi militer. Reaksi dari China, penyokong utama politik dan ekonomi Korea Utara, masih belum terdengar.

Ajudan presiden Ukraina Mykhailo Podolyak mengatakan bahwa Rusia, anggota tetap Dewan Keamanan PBB, telah mengizinkan pembatalan yang paling berani atas semua sanksi yang dijatuhkan kepada Korea Utara untuk menghentikan pengembangan senjatanya. 

Baca Juga: Ini Isi Surat Vladimir Putin untuk Kim Jong Un

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengatakan bahwa pakta tersebut menunjukkan bahwa kekuatan otoriter sedang bersekutu.

Pada kunjungan pertamanya ke Pyongyang sejak tahun 2000, Putin berterima kasih kepada Kim atas dukungannya terhadap kebijakan Rusia, dan Kim menegaskan kembali dukungannya yang tanpa syarat dan tidak tergoyahkan untuk semua kebijakan Rusia termasuk perang Putin dengan Ukraina.

KCNA pada hari Kamis merilis teks lengkap perjanjian tersebut, yang juga mencakup kerja sama dalam bidang energi nuklir, eksplorasi ruang angkasa, ketahanan pangan dan energi.

Cha Du Hyeogn, seorang mantan pejabat pemerintah Korea Selatan yang sekarang menjadi peneliti di Asan Institute for Policy Studies di Seoul, mengatakan bahwa perjanjian pertahanan bersama ini mirip dengan perjanjian tahun 1961 antara Korea Utara dan Uni Soviet. 
Namun, rujukan pada Piagam PBB dan hukum masing-masing negara terbuka untuk interpretasi dan tidak jelas apakah perjanjian itu akan menjadi sebuah aliansi, katanya. "Ini berasal dari Kim yang ingin mengerahkan segalanya untuk perjanjian ini, sementara Putin enggan melakukannya," kata Cha.




TERBARU
Kontan Academy
Sales Mastery [Mau Omzet Anda Naik? Ikuti Ini!] Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×