kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Korea Utara menyatakan kebijakan Biden menunjukkan niat AS untuk bermusuhan


Minggu, 02 Mei 2021 / 06:01 WIB
Korea Utara menyatakan kebijakan Biden menunjukkan niat AS untuk bermusuhan
ILUSTRASI. Bendera Korea Utara dan bendera AS. REUTERS/Kim Kyung-Hoon TPX IMAGES OF THE DAY


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - SEOUL. Kementerian Luar Negeri Korea Utara mengatakan, komentar terbaru dari Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan anggota pemerintahannya menunjukkan bahwa dia bermaksud mempertahankan kebijakan yang bermusuhan terhadap Korea Utara yang akan membutuhkan tanggapan yang sesuai dari Pyongyang.

Komentar tersebut muncul dalam serangkaian pernyataan yang dimuat di kantor berita negara KCNA, setelah Gedung Putih pada hari Jumat mengatakan para pejabat AS telah menyelesaikan peninjauan kebijakan Korea Utara selama berbulan-bulan.

Mengutip Reuters, Minggu (2/5), dalam satu pernyataan, juru bicara kementerian menuduh Washington menghina martabat kepemimpinan tertinggi negara itu dengan mengkritik situasi hak asasi manusia Korea Utara.

Kritik hak asasi manusia adalah provokasi yang menunjukkan Amerika Serikat bersiap untuk pertarungan habis-habisan dengan Korea Utara, dan akan dijawab sesuai, kata juru bicara yang tidak disebutkan namanya.

Dalam pernyataan terpisah, Kwon Jong Gun, direktur jenderal Departemen Urusan AS Kementerian Luar Negeri, mengutip pidato kebijakan pertama Biden kepada Kongres pada hari Rabu, di mana Biden mengatakan program nuklir di Korea Utara dan Iran menimbulkan ancaman yang akan ditangani melalui diplomasi dan pencegahan yang tegas.

Baca Juga: Pembelot kembali terbangkan selebaran anti-Kim Jong Un, Korea Utara bakal meradang

Kwon mengatakan itu tidak masuk akal dan pelanggaran terhadap hak Korea Utara untuk membela diri bagi Amerika Serikat untuk menyebut pencegahan defensifnya sebagai ancaman.

Pidato Biden "tak tertahankan" dan "kesalahan besar," kata Kwon. "Pernyataannya jelas mencerminkan niatnya untuk tetap menegakkan kebijakan permusuhan terhadap DPRK seperti yang telah dilakukan oleh AS selama lebih dari setengah abad," katanya, menggunakan inisial nama resmi Korea Utara.

Di bawah kebijakan yang diumumkan pada hari Jumat, Biden telah menetapkan pendekatan baru untuk menekan Korea Utara agar menyerahkan senjata nuklir dan rudal balistik yang akan mengeksplorasi diplomasi tetapi tidak mencari kesepakatan besar dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, kata Gedung Putih.

Dalam pernyataan hari Minggu, Kwon Jong Gun mengatakan pembicaraan diplomasi AS ditujukan untuk menutupi tindakan permusuhannya, dan pencegahannya hanyalah sarana untuk menimbulkan ancaman nuklir ke Korea Utara.

Sekarang setelah kebijakan Biden menjadi jelas, Korea Utara "akan dipaksa untuk menekan langkah-langkah yang sesuai, dan seiring waktu AS akan berada dalam situasi yang sangat serius," pungkasnya.

Dalam pernyataan ketiga, Kim Yo Jong, seorang pejabat senior di pemerintahan dan saudara perempuan pemimpin Kim Jong Un, dengan tajam mengkritik Korea Selatan karena gagal menghentikan aktivis pembelot untuk meluncurkan selebaran anti-Korea Utara.

Baca Juga: Bakal memanas, pembelot Utara di Korea Selatan kembali terbangkan selebaran anti-Kim

Sebuah kelompok aktivis di Korea Selatan mengatakan pada hari Jumat bahwa mereka telah melepaskan balon ke Korea Utara yang membawa uang kertas dan selebaran yang mengecam pemerintah di Pyongyang, menentang undang-undang yang baru-baru ini diberlakukan yang melarang pembebasan tersebut setelah dikeluhkan oleh Korea Utara.

"Kami menganggap manuver yang dilakukan oleh kotoran manusia di selatan sebagai provokasi serius terhadap negara kami dan akan mempertimbangkan tindakan yang sesuai," kata Kim Yo Jong.

Tahun lalu, Korea Utara meledakkan kantor penghubung antar-Korea di Kaesong, Korea Utara, setelah Kim Yo Jong memimpin kampanye kritik atas peluncuran selebaran tersebut.

Selanjutnya: Kim Jong-un luncurkan drone yang dapat melakukan serangan bunuh diri




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×