kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Korea Utara rombak pejabat di jajaran militer


Selasa, 07 September 2021 / 07:18 WIB
Korea Utara rombak pejabat di jajaran militer
ILUSTRASI. Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un rombak pejabat di jajaran militer Korea Utara


Sumber: Reuters | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - SEOUL. Korea Utara rombak sejumlah posisi dalam pos militer negara itu. Berdasarkan kantor berita KCNA, Pak Jong Chon yang memiliki posisi kuat dalam program rudal negara tersebut dipromosikan ke posisi sekretaris Komite Pusat Partai Buruh Korea (WPK) yang berkuasa. 

Promosi Pak ke dewan presidium, salah satu badan pembuat keputusan paling kuat di Korea Utara, terjadi setelah ia mendapatkan teguran atau penurunan pangkat pada bulan Juli lalu. Hal itu terjadi usai pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, menuduh para pejabat menyebabkan "krisis besar" dengan penyimpangan virus corona yang tidak jelas. 

Korea Utara belum melaporkan kasus virus yang dikonfirmasi, dan tidak pernah merinci apa krisis atau penyimpangan yang terjadi.

Dalam beberapa tahun terakhir Pak dipromosikan menjadi jenderal bintang empat Angkatan Darat, memimpin militer sebagai kepala staf umum angkatan darat, dan tampil menonjol bersama Kim. Dia bahkan termasuk menunggang kuda terkenal di Gunung Paektu yang suci di Korea Utara.

Baca Juga: AS: Kami siap jika Korea Utara meluncurkan rudal balistik

Analis mengaitkan promosinya sebagian karena perannya dalam pengembangan rudal jarak pendek Korea Utara, yang melonjak setelah Kim menangguhkan uji coba rudal balistik jarak jauh pada 2018 di tengah pembicaraan dengan Amerika Serikat.

Pak tampaknya telah menggantikan posisi Ri Pyong-chol, jenderal kuat lainnya yang memainkan peran utama dalam program rudal balistik Korea Utara, di presidium. 

Analis mengatakan, perombakan pada bulan Juli adalah perubahan personel paling signifikan di antara elit inti dalam beberapa tahun, dan dipandang sebagai peringatan bahwa Kim akan meminta pertanggungjawaban para pejabat dan mempertahankan kontrol atas kekuasaan mereka.

Selain Pak, Rim Kwang-il, yang sebelumnya menjabat sebagai kepala badan intelijen militer Korea Utara, ditunjuk sebagai kepala staf umum tentara. Sementara jenderal militer Jang Jong-nam terpilih sebagai Menteri Keamanan Sosial, kata KCNA pada kesempatan yang sama.

Selanjutnya: Kim Jong Un akui pandemi dunia semakin di luar kendali




TERBARU

[X]
×