kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Korea Utara Tembakan Dua Rudal Balistik, Ancam Ubah Laut Pasifik Jadi Jarak Tembak


Senin, 20 Februari 2023 / 08:22 WIB
Korea Utara Tembakan Dua Rudal Balistik, Ancam Ubah Laut Pasifik Jadi Jarak Tembak
ILUSTRASI. Korea Utara kembali menembakkan dua rudal balistik pada Senin (20/2)


Sumber: Reuters | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - SEOUL. Ketegangan di Semenanjung Korea terus membara. Terbaru, Korea Utara kembali menembakkan dua rudal balistik di lepas pantai timur. Hal itu diungkapkan militer Korea Selatan pada Senin (20/2).

Media pemerintah Korea Utara mengonfirmasi bahwa pihaknya menembakkan dua proyektil dari beberapa peluncur roket, yang membidik target masing-masing sejauh 395 km (245 mil) dan 337 km (209 mil).

"Peluncur roket multipel 600mm yang dikerahkan dalam penembakan... adalah sarana senjata nuklir taktis, yang mampu "melumpuhkan" lapangan terbang musuh," kata kantor berita negara KCNA seperti dikutip dari Reuters.

Kementerian Pertahanan Jepang mengatakan, dua rudal balistik, ditembakkan sekitar pukul 22.00 GMT, mencapai ketinggian maksimum sekitar 100 km dan 50 km, menempuh jarak sekitar 350-400 km sebelum jatuh di luar ZEE Jepang.

Peluncuran itu dilakukan hanya dua hari setelah Korea Utara menembakkan rudal balistik antarbenua (ICBM) ke laut lepas pantai barat Jepang, yang memicu latihan udara bersama oleh Amerika Serikat dan Korea Selatan pada Minggu.

Tidak ada laporan kerusakan pesawat atau kapal.

Baca Juga: Korea Utara Mengkonfirmasi Pengujian Rudal Balistik Pada Sabtu (18/2)

Dalam sebuah pernyataan, kementerian mengatakan akan terus mengumpulkan dan menganalisis informasi dalam kerja sama yang erat dengan Amerika Serikat.

"Serangkaian tindakan Korea Utara, termasuk peluncuran rudal balistik berulang kali, mengancam perdamaian dan keamanan Jepang, kawasan, dan komunitas internasional," kata kementerian tersebut. "Jepang mengajukan protes keras dan dengan paksa mengutuk Korea Utara."

Ketegangan Meningkat

Sebelumnya, adik perempuan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, Kim Yo Jong, memperingatkan agar tidak meningkatkan kehadiran aset strategis Amerika Serikat (AS) di Semenanjung Korea setelah  Negeri Paman Sam mengadakan latihan udara bersama dengan Korea Selatan dan secara terpisah dengan Jepang pada hari Minggu (19/2).

"Kami dengan hati-hati memeriksa pengaruhnya terhadap keamanan negara kami," katanya dalam sebuah pernyataan. “Frekuensi penggunaan Pasifik sebagai jarak tembak kami bergantung pada karakter aksi pasukan AS.”

Dia juga membantah penilaian para ahli tentang kemampuan misil Korea Utara setelah beberapa orang menunjukkan bahwa butuh waktu lebih dari sembilan jam untuk peluncuran misil yang secara "tiba-tiba" terjadi mengikuti perintah dari pemimpin Kim, dan mengatakan Korea Selatan bahkan tidak menerbangkan pesawat pengintai di lokasi tersebut. waktu peluncurannya.

Baca Juga: Kim Jong Un dan Putri Tercinta Menonton Pertandingan Sepak Bola

"Kami telah memiliki teknologi dan kemampuan yang memuaskan dan, sekarang akan fokus pada peningkatan kuantitas kekuatan mereka," katanya.

Peluncuran rudal hari Senin adalah uji senjata besar ketiga Korea Utara tahun ini setelah Pyongyang mengancam tanggapan yang "kuat dan gigih yang belum pernah terjadi sebelumnya" ketika Korea Selatan dan Amerika Serikat bersiap untuk latihan militer tahunan mereka sebagai bagian dari upaya untuk menangkis ancaman nuklir dan rudal yang berkembang. bahwa Utara berpose.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×