kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,42   6,96   0.76%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kota-kota di dunia dengan tarif sewa kantor mahal


Senin, 22 Juni 2015 / 10:12 WIB
Kota-kota di dunia dengan tarif sewa kantor mahal


Sumber: CNBC | Editor: Hendra Gunawan

Siapkan dana jumbo bila ingin menyewa sebuah ruang kantor di gedung pencakar langit London. Ibukota Kerajaan Inggris ini belum bergeser posisinya sebagai kota dengan sewa kantor paling mahal di dunia sejak tahun lalu.

Menurut survei tahunan sewa hunian kantor premium global dari CBRE, harga ruang kantor di kawasan West End London dibanderol US$ 267 per meter persegi (m²) per tahun. Namun, harga sewa ini turun dibandingkan tahun lalu yakni US$ 271,61 per m² per tahun.

Peringkat kedua ditempati Hong Kong Central District. Pada 2014, harga sewa perkantoran di Hong Kong rata-rata hanya US$ 183,32 per m² per tahun. Nah, di tahun ini, sewanya naik menjadi US$ 254,23 per m² per tahun.

Sementara, dua kawasan perkantoran Beijing menduduki posisi ketiga dan keempat sebagai kota dengan ruang sewa perkantoran termahal di dunia. Di Finance Street, investor harus merogoh kocek US$ 195,82 per m² per tahunnya demi mendapatkan sebuah ruang kantor. Lalu, di Central Business District Beijing, biaya sewa kantor dipatok US$ 187,54 per m².

Menyusul Beijing, New Delhi berada di urutan kelima dengan harga sewa kantor termahal di dunia. Tahun lalu, ibukota India masih berada di urutan kedelapan dengan harga sewa rata-rata US$ 122,73 per m² per tahun. Pada tahun ini, harganya naik menjadi US$ 156,96 per m² per tahun.

Lalu, Tokyo turun dua peringkat dari tahun lalu menjadi urutan ketujuh kota dengan biaya sewa perkantoran termahal. Untuk menyewa satu ruangan kantor per m² per tahun di kawasan Marunouchi Otemachi, Tokyo, setidaknya harus memiliki duit US$ 142,78 per m² per tahun.

Begitu pula dengan Moskow, turun enam peringkat menjadi posisi kesembilan sebagai kota dengan tarif sewa kantor tertinggi. Ibukota Rusia ini memiliki tarif sewa kantor sebesar US$ 128,10 per m² per tahun, turun dari tahun lalu US$ 139,8 per m² per tahun.

Di luar dugaan, New York yang disebut-sebut sebagai kota termahal dunia malah berada di posisi ke-10 untuk harga sewa kantor paling tinggi yakni US$ 127 per m² pertahun. 

Secara umum, sewa ruang kantor secara global tahun ini naik 2% per tahun. Survei ini melacak harga perdana real estate di 127 pasar kantor. Meski melambat, harga tersebut menunjukkan masih ada pertumbuhan di industri properti perkantoran. "Tingkat kehati-hatian penyewa menurun dan kepercayaan perusahaan meningkat. Tingkat kepercayaan ini mulai diterjemahkan ke dalam tingkat momentum ekspansif," ujar Richard Barkham, Kepala Ekonom Global CBRE seperti dikutip CNBC.

Di antara kota-kota dunia, Dublin menduduki posisi teratas dengan pertumbuhan sewa tertinggi yakni mencapai 26% menjadi US$ 64,79 per m² per tahun. Selain Dublin, kota di Irlandia lain yang juga memiliki kenaikan sewa kantor tertinggi adalah Belfast sebesar 13%. Menguntit Seattle dan Panama City, kenaikan harga sewa kantor di Belfast merupakan keempat terbesar dunia.

"Banyak gedung perkantoran menaikkan kualitasnya menjadi lebih modern, fleksibel dan mudah diakses. Lokasi kantor merupakan pilihan perusahaan untuk mendorong produktivitas dan menarik pelanggan," jelas Barkham.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×