kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Lagi, 17 triliuner turut bergabung di program filantropi Buffet & Gates


Kamis, 09 Desember 2010 / 17:33 WIB
Lagi, 17 triliuner turut bergabung di program filantropi Buffet & Gates
ILUSTRASI. Penyaluran Gas PGN


Reporter: Cipta Wahyana, Reuters | Editor: Cipta Wahyana

NEW YORK. Program The Giving Pledge yang digagas oleh triliuner Warren Buffett dan Bill Gates, pendiri Microsoft, kembali menjaring orang-orang kaya baru. Yang terbaru, ada 17 orang triliuner Amerika Serikat (AS) yang menyatakan bersedia menyumbangkan minimal separoh kekayaannya untuk kegiatan filantropi.

Di antara para orang kaya baik hati itu, ada nama pendiri Facebook Mark Zeuckerberg dan Dustin Moskovitz. Selain itu, pendiri AOL Steve Case, pakar keuangan Carl Icahn dan mantan pialang Wall Street Michael Milken juga turut bergabung dengan Buffet dan Gates.

Total jenderal, hingga saat ini, sudah ada 57 triliuner yang turut bergabung di program The Giving Plege.

Lewat proram ini, Gates, Melinda Gates, serta Buffet mengajak para orang superkaya untuk menyumbangkan paling tidak setengah kekayaan yang mereka untuk kegiatan filantropi. The Giving Pledge tidak menerima uang dan tidak memberikan saran cara menyumbangkan dana mereka. Tapi, mereka meminta para triliuner itu membuat komitmen moral dan mempublikasikan kesanggupan mereka dalam sebuah surat.

"Banyak orang menunggu hingga ujung karirnya untuk memberi. Tapi, mengapa harus menunggu jika banyak hal yang harus segera kita lakukan sekarang," ujar Zuckerberg.

"The Giving Pledge telah membangkitkan semangat orang untuk berpikir tentang filantropi dan bertindak nyata dalam kerangka kegiatan filantropi. Saya ingin berbicara dengan keluarga-keluarga beruntung lainnya karena kemurahan hati mereka akan mengubah kehidupan di dunia ini," ujar Buffet.

Pada tahun 2009, menurut laporan Giving USA yang dibuat sebuah pusat kegiatan filatropi di Indiana University, para trilinuer AS telah menyumbangkan dana lebih dari US$ 227 miliar. Angka ini hanya turun 0,4% dibanding tahun 2009.

Buffett sendiri, pada 2006, telah menyatakan akan menyumbangkan 99% kekayaannya melalui Bill & Melinda Gates Foundation. Sementara, Bill dan Melinda Gates sendiri sejauh ini telah menyumbangkan lebih dari US$ 28 miliar.

Daftar lengkap para trilinuer dermawan itu bisa disimak di www.thegivingpledge org.


Berita Terkait



TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×