Langkah Terbaru China Melawan Pagebluk Covid-19

Kamis, 01 Desember 2022 | 18:17 WIB   Reporter: Diki Mardiansyah
Langkah Terbaru China Melawan Pagebluk Covid-19

Warga menggunakan pakaian pelindung di tengah tindakan penguncian baru di beberapa bagian kota untuk mengekang wabah Covid-19 di Shanghai, China. 15 Juni 2022. Langkah Terbaru China Melawan Pagebluk Covid-19.


KONTAN.CO.ID -  BEIJING. Pejabat tinggi China yang bertanggung jawab mengatasi Covid-19 akan menempuh langkah baru melawan pagebluk Covid-19. Langkah ini dilakukan lantaran varian Omicron yang mulai mereda. Ditambah, warga di China juga sudah banyak yang divaksinasi.

Seperti dilansir Bloomberg pada Kamis (1/12), Wakil Perdana Menteri China Sun Chunlan pada pertemuan dengan Komisi Kesehatan Nasional dan pakar kesehatan di Beijing, mengatakan bahwa varian omicron mulai mereda.

Ia mengatakan, saat ini warga di China semakin banyak yang divaksinasi dan pengalaman China dalam memerangi Covid-19 juga bertambah.

Baca Juga: Indonesia naik ke posisi 22, negara dengan jumlah kematian corona terbanyak di dunia

Untuk itu, Sun bilang perjuangan China dalam melawan pandemi sedang berada di tahap yang baru.

Pejabat di China menolak untuk menggunakan istilah "Kebijakan Zero Covid-19".  Sun juga tidak menggunakan istilah "Kebijakan Zero Covid", Sun lebih memilih menggunakan diksi pemberantasan dan peredaman Covid-19.

Adapun, tabloid Global Times yang didukung pemerintah China memuat artikel dengan mengutip para ahli di China bahwa masyarakat tidak perlu panik atas varian Omicron. Sebab, varian ini dianggap jauh tidak mematikan.

Untuk memulai tahap baru perjuangan China dalam melawan Covid, pemerintah tengah menyiapkan rencana untuk mengadakan program vaksinasi Covid-19 keempat.

Baca Juga: Jokowi: Kinerja Ekspor Berpotensi Menurun pada Tahun 2023

Editor: Noverius Laoli

Terbaru