Lebih Murah dari Tahun Lalu, Arab Saudi Pangkas Biaya Haji 2023 Sebesar 30%

Senin, 23 Januari 2023 | 04:41 WIB   Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie
Lebih Murah dari Tahun Lalu, Arab Saudi Pangkas Biaya Haji 2023 Sebesar 30%

ILUSTRASI. Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi mengumumkan, paket haji tahun ini 30% lebih murah dibandingkan tahun lalu. REUTERS/Mohammed Salem


KONTAN.CO.ID - DUBAI. Media lokal Arab Saudi melaporkan, Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi telah mengumumkan bahwa lebih dari 90% paket haji ekonomi telah terjual sejauh ini.

Melansir Gulf News, menurut Dr Amr bin Reda Al Maddah, Wakil Kementerian Haji dan Umrah untuk Layanan Haji dan Umrah, paket haji tahun ini 30% lebih murah dibandingkan tahun lalu.

Al Maddah menambahkan, kategori domestik dibagi berdasarkan perusahaan penyedia layanan. Oleh karena itu, daya serap akan diputuskan sesuai dengan jenis layanan yang disediakan di kamp.

Awal pekan lalu, kementerian mengatakan bahwa jemaah haji dalam negeri memiliki pilihan untuk membayar paket haji mereka dalam tiga kali cicilan daripada membayar jumlah penuh di muka, seperti yang diwajibkan sebelumnya.

Untuk memesan tempat, calon jemaah harus melakukan pembayaran sebagian sebesar 20% dari total biaya dalam waktu 72 jam sejak pendaftaran. Angsuran kedua sebesar 40% harus dibayar pada 7 Juli mendatang, dan 40% sisanya harus dibayar pada 10 Oktober 2023.

Baca Juga: Penjelasan Kemenag Mengapa Biaya Ibadah Haji Naik Tahun Ini

Setiap pembayaran akan memiliki faktur terpisah, dan status haji akan “dikonfirmasi” jika pembayaran dilakukan tepat waktu. 

Jika pembayaran tidak diselesaikan, maka pemesanan akan dibatalkan.

Arab Saudi juga telah mencabut semua pembatasan yang diberlakukan pada ibadah haji setelah pandemi virus corona memaksa negara tersebut untuk membatasi jumlah jemaah haji yang datang selama tiga tahun terakhir.

Menurut Kantor Pers resmi Saudi, Menteri yang bertanggung jawab atas haji, Tawfiq Al Rabiah, mengatakan bahwa jumlah jemaah haji akan kembali ke angka pra-pandemi tanpa pembatasan, termasuk batasan usia. 

Sebelum pandemi, sekitar 2,5 juta Muslim dari seluruh dunia biasanya berkumpul setiap tahun untuk menunaikan ibadah haji di kota suci Mekkah.

Baca Juga: Kuota 221.000 Jemaah, Ini Usulan Biaya Haji 2023 & Rencana Jadwal Keberangkatan Haji

Pada tahun 2020, hanya beberapa ribu penduduk di kerajaan yang menunaikan ibadah haji di bawah aturan jaga jarak sosial yang ketat, dan pada tahun 2021, hanya sekitar 60.000 penduduk yang bisa melaksanakan ibadah haji.

Tahun lalu, sekitar satu juta jamaah menunaikan ibadah haji karena dibuka kembali untuk umat Islam di luar negeri.

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru