kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.539.000   -8.000   -0,52%
  • USD/IDR 15.791   -57,00   -0,36%
  • IDX 7.505   -68,76   -0,91%
  • KOMPAS100 1.157   -12,64   -1,08%
  • LQ45 913   -8,80   -0,96%
  • ISSI 228   -2,59   -1,12%
  • IDX30 469   -4,51   -0,95%
  • IDXHIDIV20 564   -3,86   -0,68%
  • IDX80 132   -1,34   -1,01%
  • IDXV30 139   -1,60   -1,13%
  • IDXQ30 156   -1,23   -0,78%

Listing hari ini, Pinterest meraup dana IPO US$ 1,4 miliar


Kamis, 18 April 2019 / 10:55 WIB
Listing hari ini, Pinterest meraup dana IPO US$ 1,4 miliar


Reporter: Amalia Fitri | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Perusahaan scrapbook online, Pinterest, merampungkan initial public offering (IPO) pada Rabu (17/4). Saham Pinterest akan mulai diperdagangkan pada hari ini, Kamis (18/4).

IPO Pinterest menawarkan saham perdana US$ 19 per saham dan meraup dana IPO sekitar US$ 1,4 miliar. Reuters melaporkan, Dengan harga ini, valuasi Pinterest mencapai US$ 12,7 miliar. 

Perusahaan online yang akan melantai di New York Exchange dengan kode PINS ini menunjuk Goldman Sachs dan LLC, serta JP Morgan dan Allen sebagai penjamin emisi. Harga IPO yang lebih tinggi dari perkiraan awal antara US$ 15-US$ 17 per saham menjadi katalis positif bagi investor yang ikut dalam pencarian dana putaran sebelumnya.

Pinterest akan menjadi pencatatan saham perusahaan media sosial paling populer setelah atau Snap Inc (Snapchat). Saat IPO tahun 2017, harga saham Snap berkinerja baik. Tapi, harga saham media sosial ini sudah turun lebih dari 30% dari harga IPO.

Sebelum Pinterest, perusahaan transportasi berbasis online, yakni Lyft mencatatkan saham. Lyft meraup dana yang lebih besar daripada target awal ketika IPO akhir bulan lalu. Tapi, harga sahamnya kini turun 17% dari harga IPO.

Perbedaan IPO antara Pinterest dan Lyft adalah ekspektasi valuasi. Tahun lalu, Lyft merugi US$ 911 juta. Dengan harga IPO yang ditetapkan, valuasi Lyft mencapai US$ 24,3 miliar, lebih tinggi daripada valuasi pendanaan terakhir tahun 2018 yang hanya US$ 15 miliar.

Sementara Pinterest tahun lalu merugi US$ 63 juta. Valuasi pada pendanaan terakhir Pinterest tahun 2017 berada di US$ 12,3 miliar. Artinya, lonjakan valuasi Pinterest ini tidak setinggi Lyft.


Survei KG Media


TERBARU
Kontan Academy
Advokasi Kebijakan Publik di Era Digital (Teori dan Praktek) Mengenal Pentingnya Sustainability Reporting

[X]
×