kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Lotte Group merambah bioskop sampai petrokimia


Selasa, 17 Mei 2016 / 11:58 WIB
Lotte Group merambah bioskop sampai petrokimia


Reporter: Elisabet Lisa Listiani Putri | Editor: Dupla Kartini

JAKARTA. Presiden Joko Widodo tengah bertandang ke Korea Selatan. Salah satu agenda kunjungan tersebut adalah merayu pebisnis asal Negeri Ginseng agar berinvestasi di Indonesia. Sejauh ini sejumlah korporasi dari Korea sudah menyatakan minat berekspansi di Indonesia. Salah satunya adalah Lotte Group.

Lewat salah satu lini bisnisnya yakni Lotte Chemical, Lotte akan membenamkan investasi US$ 4 miliar di sektor petrokimia.

Menurut penjelasan Badan Koordinasi dan Penanaman Modal (BKPM),  kemarin (16/5), perusahaan ini akan membangun sembilan hingga sepuluh pabrik petrokimia di dalam satu kawasan yang terintegrasi.

Lotte Chemical akan membangun pabrik anyar tersebut berdekatan dengan lokasi pabrik mereka yang ada di Cilegon, Banten. Ekspansi Lotte ini tidak terlepas dari potensi bisnis petrokimia di pasar domestik yang masih menjanjikan.

Sebelumnya, bersama Grup Salim, Lotte menjalin kerjasama di bisnis situs belanja di awal tahun ini. Dua perusahaan ini akan membangun perusahaan e-commerce yang berbasis logistik.

Maklum, Lotte Group juga punya lini bisnis ritel yang kini menjadi salah satu pemain ritel di pasar domestik yakni Lotte Mart. Menurut Donny S Handoko, Direktur Komersial PT Lotte Mart Indonesia, kedua belah pihak tengah mempersiapkan diri di bisnis belanja online.

Ekspansi gerai

Bila tidak ada halangan, rencana bisnis ini bisa berjalan awal tahun depan. "Tim kami masih mempersiapkan diri untuk studi pasar, mempersiapkan infrastrukturnya, termasuk organisasinya dan yang lainnya," ungkapnya kepada KONTAN, Senin (16/5).

Lotte Mart memang berharap banyak dari bisnis e-commerce yang tengah naik daun ini. Bisnis ini bisa menjadi salah satu penopang binis Lotte Mart di bisnis ritel dalam negeri. Apalagi, sejumlah peritel sejenis sudah melakukan upaya serupa, sebut saja Matahari Putra Prima dan Matahari Department Store lewat Matahari Mall atau PT Mitra Adiperkasa lewat Mapemall.

Selain itu, Lotte Mart juga bakal membuka dua gerai hipermarket Lotte Mart lagi di semester kedua tahun ini yakni di Jakarta dan Surabaya. Adapun jumlah gerai Lotte Mart saat ini ada 41 gerai.

Sedangkan di bisnis bioskop, menurut Donny, pihaknya sejauh ini masih belum mendengar ada upaya dari grup bisnis ini untuk bisa masuk lagi ke bisnis tersebut. Soalnya, Lotte Group pernah berupaya masuk ke bisnis bioskop di Tanah Air tapi masih terganjal investasi negatif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×