kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Lukisan Picasso ini bisa tembus rekor lelang baru


Senin, 11 Mei 2015 / 12:56 WIB
Lukisan Picasso ini bisa tembus rekor lelang baru
ILUSTRASI. Warga menggunakan?mesin khusus tarik fisik emas milik platform Lakuemas di Jakarta, Rabu (28/12/2022). (KONTAN/Baihaki)


Sumber: money.cnn | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

NEW YORK. Sebuah lukisan yang dibuat oleh Pablo Picasso, diramal dapat mencetak rekor baru untuk hasil pekerjaan seni termahal yang pernah dijual di dunia.

Lukisan master berjudul "Les femmes d'Alger (Version "O")", diprediksi akan menjadi idola utama pada lelang yang diadakan oleh Christie's mulai Senin (11/5) di New York.

Rumah lelang tersebut mengestimasi, pihaknya akan menjual lukisan tersebut seharga US$ 140 juta. Memang, lukisan paling terkenal Picasso tersebut mendapatkan permintaan yang cukup tinggi dan biasanya terjual dengan harga yang lebih mahal dari estimasi yang ditetapkan.

Lukisan Picasso merupakan barang lelang utama pada lelang seni kontemporer yang digelar Senin (11/5) dan Rabu (13/5) mendatang. Menurut Philip Hoffman, Chief Executive of Fine Art Fund Group, lelang kali ini akan melepas barang-barang seni berkelas tinggi dengan nilai total lebih dari US$ 2,5 miliar.

"Seluruh kolektor seni dunia akan mengikuti lelang ini, baik melalui telepon atau datang langsung ke New York. Lukisan ini karya terbaik Picasso. Lukisannya sangat besar dan impresif. Ini akan menjadi status sebenarnya bagi kolektor besar," jelas Hoffman.

Saat ini, barang seni termahal yang pernah terjual pada sebuah lelang adalah karya Francos Bacon berjudul "Three Studies of Lucian Freud" dengan harga senilai US$ 142 juta pada 2013. Sebelumnya, potret yang terdiri dari tiga seri itu hanya diprediksi terjual senilai US$ 85 juta.

Selain itu, lukisan "Les femmes d'Alger" terakhir terjual senilai US$ 31,9 juta pada sebuah lelang tahun 1997.

Sejak saat itu, lukisan ini dijual secara pribadi. Namun, Christie bilang, pemilik lukisan Picasso yang sekarang masih anonim.

Picasso melukis lukisan tersebut pada 1955 saat teman sekaligus pesaingnya, Henri Matisse, impresionis asal Prancis meninggal pada 1954.

Menurut pihak Christie, Picasso menghabiskan waktu dua bulan pada proyek tersebut yang melibatkan 100 studi pada makalah dan 14 lukisan lainnya.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×