kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Lynk-01, mobil China pertama yang diproduksi di Eropa


Selasa, 27 Maret 2018 / 08:32 WIB
Lynk-01, mobil China pertama yang diproduksi di Eropa
ILUSTRASI.


Reporter: Agung Jatmiko | Editor: Dupla Kartini

KONTAN.CO.ID - BERLIN. Pabrikan mobil asal Swedia, Volvo mengumumkan akan memulai produksi brand Lynk & Co’s. Mobil berjenis sport utility vehicle (SUV) ini akan mulai diproduksi di pabrik Ghent, Belgia awal tahun depan.

Mengutip Wall Street Journal, Senin (26/3), keputusan ini sekaligus menandai pertama kalinya brand mobil asal China diproduksi di Eropa. Lynk dibentuk pada 2016 dan tahun lalu meluncurkan 01-SUV dan baru-baru ini meluncurkan sedan sporty, 03.

Lynk bersama-sama dimiliki oleh Zhejiang Geely Holding Group Co, pembuat mobil Volvo dan Geely Auto.

"Kami melihat potensi besar untuk merek baru ini memasuki pasar Eropa dan kami senang memberikan Lynk & Co dukungan keahlian teknologi dan industri Volvo," kata Chief Executive Officer (CEO) Volvo Cars, Hakan Samuelsson dalam sebuah pernyataan, dilansir dari Wall Street Journal.

Pengumuman ini datang setelah pemilik Zhejiang Geely Holding Li Shufu mengungkapkan, bulan lalu, bahwa dia telah mengumpulkan hampir 10% saham di Daimler AG, pemilik Mercedes- Mobil Benz. Ini memicu spekulasi bahwa Li siap untuk ekspansi di Eropa.

Geely membeli Volvo Cars dari Ford Motor Co. pada 2010 dengan harga sekitar US$ 1,8 miliar. Sejak itu, Li juga mengakuisisi Taksi London yang terkenal, yang diubahnya menjadi produsen kendaraan listrik ringan murni, dan pembuat mobil sport Lotus.

Setelah pengambilalihan oleh Geely, Volvo mengembangkan teknologi model baru yang sekarang membentuk kerangka kerja yang mendasari untuk semua kendaraan yang akan diproduksi oleh Volvo dan Geely.

Volvo akan memindahkan produksi sedan yang lebih besar dari Ghent ke Gothenburg, memungkinkan Volvo untuk memperluas produksi dan meningkatkan keuntungan di pabrik utamanya di Swedia.

Mobil yang lebih kecil, menggunakan teknologi yang dikembangkan untuk SUV ringkas XC40 Volvo, sekarang dibangun di pabrik Ghent Volvo. Fasilitas ini akan ditambahkan unit produksi Lynk-01 yang bertujuan untuk meningkatkan output di pabrik Ghent dan membuat merek baru tersedia untuk konsumen Eropa.

Dengan berbagi teknologi dasar yang sama, Volvo akan mampu memproduksi model Lynck-01, dan mendatang pada lini produksi yang sama dengan XC40. Ini akan menciptakan penghematan biaya dan memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan produksi dengan cepat.




TERBARU

[X]
×