kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45968,22   0,56   0.06%
  • EMAS928.000 0,54%
  • RD.SAHAM -0.35%
  • RD.CAMPURAN -0.38%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.19%

Makin meluas, varian baru virus corona ditemukan di Spanyol dan Kanada


Minggu, 27 Desember 2020 / 11:30 WIB
Makin meluas, varian baru virus corona ditemukan di Spanyol dan Kanada
ILUSTRASI. Varian baru virus corona semakin meluas penyebarannya dengan yang terbaru ditemukan di Spanyol dan Kanada.

Sumber: Kompas.com | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - MADRID. Varian baru virus corona semakin meluas penyebarannya dengan yang terbaru ditemukan di Spanyol dan Kanada. Spanyol dan Kanada sama-sama mengumumkan temuan varian baru virus corona itu pada Sabtu (26/12).

Di Kanada terdeteksi dua kasus, sedangkan di Spanyol ada empat dan semuanya di ibu kota Madrid. Barbara Yaffe, penjabat kepala petugas medis Ontario, Kanada, mengemukakan bahwa dua kasus jenis baru virus corona ditemukan di pasangan dari Durham tanpa riwayat perjalanan yang diketahui.

Mereka lalu diisolasi dan pada hari yang sama Ontario langsung lockdown selama 28 hari di selatan dan 14 hari di utara, berhubung kasus Covid-19 juga sedang melonjak di sana. PM Kanada Justin Trudeau pada Rabu (23/12) mengatakan, negaranya akan memperpanjang penangguhan penerbangan penumpang dari Inggris sampai 6 Januari, sehubungan adanya varian baru virus corona. Hingga Sabtu Covid-19 di Kanada mencatatkan total lebih dari 534.000 kasus dengan jumlah kematian di atas 14.700.

Sementara itu di Madrid, empat kasus jenis baru virus corona terdeteksi di orang-orang yang baru tiba dari Inggris, atau berkontak dekat dengan pasien strain tersebut. Ayah, ibu, dan saudara perempuan dari seorang pemuda yang tiba di Madrid dengan pesawat pekan lalu, dinyatakan positif virus corona, ujar pemerintah daerah Madrid.

Baca Juga: Giliran Spanyol melaporkan kasus pertama varian baru virus corona dari Inggris

Pemuda itu diduga mengidap varian baru virus corona juga, tetapi pihak berwenang Spanyol sedang menunggu hasil tes PCR untuk memastikannya. Kemudian kasus keempat yang dikonfirmasi dari varian baru Covid-19 ini, ditemukan di seorang pria yang mendarat di Madrid pada 20 Desember dengan penerbangan lain.

"Para pasien tidak sakit parah, kami tahu jenis ini lebih mudah menular, tetapi tidak menyebabkan penyakit yang lebih serius," kata wakil kepala kesehatan regional Madrid, Antonio Zapatero, dalam konferensi pers. "Tidak perlu khawatir," imbuhnya dikutip dari AFP.

Ada tiga kasus dugaan varian baru virus corona lainnya, tetapi hasil tesnya baru keluar Selasa (29/12) atau Rabu (30/12), lanjut Zapatero. Sebelumnya Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengatakan, varian baru virus corona ini mungkin 70% lebih mudah menular daripada jenis sebelumnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Makin Meluas, Varian Baru Virus Corona Ditemukan di Spanyol dan Kanada.
Penulis: Aditya Jaya Iswara

Baca Juga: Eropa meluncurkan vaksin Covid-19, sebagai upaya untuk keluar dari pandemi




TERBARU
Kontan Academy
Basic Social Media Marketing Strategy (Facebook & Instagram) Batch 9 Capital Investment Model & Presentation

[X]
×