kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Manchester City jadi klub terkaya di dunia


Kamis, 04 Januari 2018 / 18:20 WIB
Manchester City jadi klub terkaya di dunia


Reporter: Avanty Nurdiana | Editor: Avanty Nurdiana

KONTAN.CO.ID - LONDON. Manchester City didapuk menjadi klub sepakbola terkaya versi Soccerex. Perusahaan jaringan sepakbola global ini menilai Manchester City menjadi klub dengan kekuatan ekonomi tertinggi diantara 100 klub sepakbola yang diperingkat lainnya. 

Posisi kedua ditempati Arsenal dan ketiga Paris Saint Germain (lihat daftar). Soccerex Football Finance 100 ini disusun berdasarkan lima variabel utama. Yaitu, nilai pemain, aset tetap seperti stadion dan tempat latihan. Soccerex juga menghitung jumlah cadangan dana, investasi potensial pemilik dan utang bersih. Kelima faktor tersebut dihitung dari musim 2015/2016. 
 
Manchester City dimiliki miliader Sheikh Mansour, anggota keluarga Al Nahyan di Abu Dhabi. Mansour juga banyak mengeluarkan investasi di tim tersebut sejak akuisisi City sejak satu dekade lalu. Klub tersebut telah belanja £ 215 juta untuk transfer pemain. 
 
Dihitung dari nilai transfer pemain
 
Paris Saint Germain (PSG) berada di urutan ketiga lantaran mampu membeli superstar asal Brasil, Neymar senilai € 222 juta musim panas lalu. Soccerex menempatkan Arsenal di posisi kedua karena menerima pembayaran € 222 juta dari PSG. Bisnis model Arsenal cukup kuat untuk mengungguli PSG, meskipun dari sisi pengeluaran di pasar transfer lebih kecil. Arsenal memiliki potensi untuk berinvestasi lebih besar jika ingin mengubah strategi. 
 
Sementara Chelsea yang berada di posisi kesembilan lantaran memiliki utang bersih yang cukup besar.  Ini karena pemilik Chelsea, Roman Abramovich mencatatkan investasinya sebagai pinjaman. 
Direktur Pemasaran Soccerex David Wright mengatakan, tujuan penelitian ini adalah menyoroti lanskap sepakbola global yang bergeser dalam dua dekade terakhir.  "Kami ingin mengevaluasi keuangan sepakbola lebih luas dan mencerminkan realitas sepakbola modern," ujar dia seperti dikutip BBC
 
Dominasi China juga terlihat meningkat di pasar sepakbola global. Terlihat dari posisi klub sepakbola Guangzhou Evergrande di atas Real Madrid dan Barcelona. Hal ini karena struktur pemilik keanggotaan dan kurangnya investasi pemilik.    
 
Daftar 20 Klub Terkaya Versi Soccerex
 
1. Manchester City 
2. Arsenal
3. Paris Saint Germain 
4. Guangzhou Evergrande
5. Tottenham Hotspur 
6. Real Madrid
7. Manchester United
8. Juventus 
9. Chelsea
10. Bayern Munich 
11. Zenit St Petersburg 
12. RB Leipzig 
13. Barcelona
14. LA Galaxy 
15. Atletico Madrid
16. Liverpool 
17. Borussia Dortmund
18. Olympique Lyon 
19. AS Monaco 
20. Leicester City 




TERBARU

[X]
×