Marcos Jr Meminta Kongres Setujui Anggaran US$ 94,40 Miliar untuk Proyek Ambisius

Senin, 22 Agustus 2022 | 13:28 WIB Sumber: Channelnewsasia.com,Reuters
Marcos Jr Meminta Kongres Setujui Anggaran US$ 94,40 Miliar untuk Proyek Ambisius

ILUSTRASI. Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr meminta Kongres setujui anggaran US$ 94,40 miliar untuk proyek ambisius. REUTERS/Lisa Marie David


KONTAN.CO.ID - MANILA. Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr meminta Kongres untuk membuat anggaran pemerintah sebesar 5,29 triliun peso (US$ 94,40 miliar) pada 2023 untuk mendukung agenda kebijakan ambisius yang bertujuan mendorong pertumbuhan dan mengangkat jutaan orang keluar dari kemiskinan.

Anggaran yang diusulkan Marcos, yang setara dengan 22,2 persen dari total output ekonomi negara itu, hampir 5 persen lebih tinggi dari rencana pengeluaran pendahulunya untuk 2022.

Dia bertujuan untuk memperluas ekonomi Asia Tenggara sebanyak 8 persen selama masa jabatan enam tahun, untuk mempertahankan tempatnya di antara negara-negara dengan pertumbuhan tercepat di Asia, dan mengurangi separuh tingkat kemiskinan, yang mencapai 18,1 persen pada tahun 2021.

Baca Juga: Singapura, Pencetak Orang Kaya Tertinggi di Asia Pasifik

Pendidikan, infrastruktur, ketahanan pangan, kesehatan dan energi bersih mendapat prioritas utama dalam anggaran 2023, yang disampaikan kepada Kongres oleh perwakilan presiden. Kongres diharapkan menyetujui anggaran pada bulan Oktober dan Marcos diharapkan untuk menandatanganinya menjadi undang-undang sebelum akhir tahun.

Sektor pendidikan akan menerima alokasi tertinggi 852,8 miliar peso atau 16 persen dari total anggaran, diikuti oleh pekerjaan umum dengan 13 persen, perawatan kesehatan dengan 5 persen, dan kesejahteraan sosial sekitar 4 persen, kata Marcos dalam sebuah pernyataan yang menyertai usulan anggaran.

Baca Juga: Bank Sentral Filipina (BSP) Masih Konsisten Perketat Kebijakan Moneter, Tanggapi Fed

Presiden, yang merupakan putra dan senama orang kuat yang digulingkan dalam pemberontakan 1986, juga menjalankan portofolio pertanian, yang akan menerima 184,1 miliar peso, melonjak 40 persen dari anggaran 2022.

Editor: Handoyo .

Terbaru