kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

MARKET GLOBAL: Pasar negara berkembang masih tertekan


Rabu, 12 September 2018 / 07:57 WIB
MARKET GLOBAL: Pasar negara berkembang masih tertekan
ILUSTRASI. Logo International Monetary Fund (IMF)


Sumber: Reuters | Editor: Hasbi Maulana

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Indeks pasar saham AS membukukan kenaikan lagi karena investor menumpuk ke teknologi AS. Saham energi juga naik bahkan ketika perang perdagangan masih tampak.

Indeks ekuitas global MSCI naik 0,17% ketika investor masih menunggu tindakan dari Presiden AS Donald Trump setelah batas waktu komentar publik tentang tarif tambahan pada barang-barang China berakhir.

Wall Street melanjutkan relinya dengan indeks saham S&P 500 masih pada kecepatan untuk memberikan apa yang kelihatannya tidak mungkin: tahun ketujuh persentase keuntungan dua digit selama dekade terakhir.

Saham Apple Inc melonjak 2,5% sehari menjelang rilis yang sangat diantisipasi dari model iPhone baru perusahaan. Saham energi mendapat dorongan dari reli harga minyak.

Lowongan pekerjaan AS melonjak ke rekor tinggi pada bulan Juli dan lebih banyak orang Amerika Serikat secara sukarela berhenti dari pekerjaan mereka, menunjukkan kekuatan dan kepercayaan pasar tenaga kerja yang berkelanjutan yang dapat segera memacu pertumbuhan upah yang lebih cepat. 

Sementara data itu mungkin menunjukkan upah yang lebih tinggi yang dapat menggerogoti laba perusahaan, juga menampilkan ekonomi yang kuat. Pasar mungkin melihat lebih banyak stimulus tahun ini dari pemotongan pajak tambahan yang sedang dipertimbangkan oleh anggota Kongres kongres.

Indeks Dow Jones Industrial Average naik 113,99 poin (0,44%) menjadi 25.971,06. S&P 500 naik 10,76 poin (0,37%) menjadi 2.887,89. Nasdaq Composite bertambah 48,31 poin (0,61%) menjadi 7.995,47.

"Fakta bahwa Trump masih belum mengumumkan tarif belum seperti yang diharapkan telah mendorong sedikit optimisme yang hati-hati, tetapi itu bukan masalah yang akan pergi," kata analis CMC Markets Michael Hewson.

Pasar negara berkembang tetap di bawah tekanan, dengan indeks saham negara-negara itu turun 0,66% dan menyentuh level terendah mereka dalam hampir 16 bulan.

Mata uang pasar tersebut juga berada pada level terendah dalam lebih dari satu tahun, dengan beberapa mendekati rekor terendah terhadap dolar AS. Tembaga, sangat dikonsumsi oleh pasar negara berkembang, kehilangan 0,51% menjadi US$ 5.880,00 per ton.

China mengatakan kepada Organisasi Perdagangan Dunia pada hari Selasa bahwa mereka ingin memaksakan US$ 7 miliar setahun dalam sanksi terhadap Amerika Serikat sebagai pembalasan atas ketidaksesuaian Washington dengan putusan dalam sengketa atas dumping AS.

Trump mengatakan kepada wartawan pada hari Selasa bahwa Amerika Serikat mengambil sikap keras dengan China, tetapi dia menggambarkan pembicaraan perdagangan dengan Kanada berjalan dengan baik.

"Kelemahan akan tetap menjadi tema yang berulang di tengah ketegangan perdagangan global, dolar yang lebih kuat dan prospek suku bunga AS yang lebih tinggi," kata Lukman Otunuga, seorang analis riset di broker FXTM.

"Dengan gejolak di Turki dan Argentina memicu ketakutan penularan, selera untuk aset pasar berkembang dan mata uang kemungkinan akan terus berkurang."

Harga minyak mengabaikan ancaman terhadap permintaan yang ditimbulkan oleh perang perdagangan yang dapat memperlambat pertumbuhan ekonomi, bukannya mengabaikan sanksi AS terhadap industri perminyakan Iran yang dapat melukai pasokan.

Minyak mentah AS berjangka naik 2,53% menjadi US$ 69,25 per barel dan Brent naik 2,18% menjadi US$ 79,06.

Pasar obligasi bekerja untuk mencerna US$ 144 miliar pasokan baru dari lelang pemerintah yang diperlukan untuk membiayai pembelanjaan defisit AS. Imbal hasil surat utang AS tenor 10-tahun menghasilkan 2,9792%, naik dari 2,937% pada akhir Senin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×