kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Marugame Udon tingkatkan penggunaan bahan baku lokal


Jumat, 25 Januari 2019 / 16:23 WIB
Marugame Udon tingkatkan penggunaan bahan baku lokal


Reporter: Andy Dwijayanto | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. PT Sriboga Marugame Indonesia pemilik gerai Marugame Udon menyampaikan bahwa perusahaan akan memperbesar penggunaan bahan baku lokal. Selain bahan baku lokal, saat ini perusahaan masih mengimpor beberapa bahan dari Jepang dan Malaysia untuk produk tertentu.

Hajime Kondoh, CEO Marugame Udon menyampaikan bahwa rencana memperbanyak bahan baku lokal juga terkait efisiensi kurs dan ketersediaan bahan baku di dalam negeri. Sedangkan untuk bahan baku yang belum tersedia masih akan mengandalkan impor dari Jepang.

“Kami memutuskan untuk mengubah dari impor ke produk lokal, sekarang sedikit masih impor dari Jepang dan Malaysia. Tahun ini kami mulai start bahan baku dan bumbu dari lokal, akhir tahun ini mungkin bisa 80%-90% bahan baku lokal,” ujarnya saat ditemui KONTAN, Kamis (24/1).

Dirinya menyampaikan bahwa penggunaan bahan baku lokal tersebut tidak akan mempengaruhi rasa dan kualitas makanan. Pasalnya, perusahaan menyeleksi dengan ketat dan memilih bahan baku yang berkualitas dan fresh sesuai dengan standar yang dijalankan selama ini. “Bila kami ingin lebih kompetitif, kami tidak bisa bergantung terhadap produk impor, itulah kenapa saya mencopa mendevelop local ingredients,” lanjutnya.

Selain karena fluktuasi nilai tukar, penggunaan bahan baku lokal juga mendukung perekonomian domestik dan membuat harga jual lebih kompetitif. Secara bertahap untuk bahan-bahan yang sudahh tersedia akan dialihkan ke domestik, sedangkan untuk produk yang belum tersedia masih akan impor namun jumlahnya tak signifikan.

“Iya tak akan pengaruhi kualitas, bagi kami perpindahan bahan baku ke lokal sangat penting karena pemerintah juga tidak suka impor terutama untuk bahan yang sudah tersedia. Pemerintah mau mengembangkan bisnis di dalam negeri juga kan, kami juga akan dukung,” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×