kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Masih ada pandemi, begini gambaran anggaran belanja Saudi, Uni Eropa dan AS di 2021


Selasa, 22 Desember 2020 / 13:58 WIB
Masih ada pandemi, begini gambaran anggaran belanja Saudi, Uni Eropa dan AS di 2021
ILUSTRASI. Warga menunggu dalam barisan untuk pemberian makan gratis Thanksgiving di tempat penampungan tunawisma Los Angeles Mission. REUTERS/Lucy Nicholson


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Jelang penghujung 2020, berbagai negara menyiapkan proposal anggaran belanja untuk menyongsong perekonomian di tahun depan. Arab Saudi misalnya telah memotong anggaran 2021 pasca lonjakan defisit minyak dan krisis akibat pandemi Covid-19.

Mengutip Reuters pada Selasa (22/12), pihak kerajaan menyiapkan anggaran senilai 990 miliar riyal atau setara US$ 263,91 miliar untuk anggaran 2021. Nilai itu lebih rendah 7% dari perkiraan pengeluaran sepanjang 2020.

Merujuk nota keuangan Arab Saudi, pemotongan anggaran itu diharapkan dapat menekan defisit anggaran pada 2021 sebesar 141 miliar riyal atau 4,9% dari PDB. Pada 2020, defisit anggaran diprediksi mencapai 298 riyal atau setara dengan 12% dari PDB. Pemerintah berencana dapat kembali menyeimbangkan anggaran belanja pada 2023.

Baca Juga: Waspada terhadap Iran, AS mulai kirimkan kapal selam ke Selat Hormuz

“Anggaran mencerminkan kemampuan untuk mengadopsi kebijakan yang tepat untuk menyeimbangkan antara pertumbuhan, stabilitas ekonomi dan kesinambungan fiskal dalam jangka menengah dan panjang,” ujar pernyataan Kementerian keuangan Arab Saudi.

Arab Saudi memperkirakan ekonominya menyusut 3,7% tahun ini tetapi akan kembali ke pertumbuhan 3,2% pada tahun depan. Menteri Keuangan Saudi Mohammed al-Jadaan mengatakan dalam konferensi pers bahwa sebagian besar sektor ekonomi telah mulai pulih dari dampak pandemi pada paruh kedua tahun ini.

“Harga minyak mentah Brent telah pulih sejak jatuh ke level terendah lebih dari 20 tahun pada bulan April. Namun harga minya masih sekitar US$ 50 per barel, jauh dari target harga senilai US$ 67,9 per barel yang dibutuhkan Arab Saudi untuk menyeimbangkan anggarannya tahun depan,” menurut Moneter Internasional.

Sedangkan Parlemen Eropa menyetujui anggaran belanja Uni Eropa senilai € 1 triliun atau setara US$ 1,22 triliun untuk 2021-2027. Keputusan itu telah disetujui oleh 548 suara mendukung, 81 menentang, dan 66 abstain.

Baca Juga: Dipimpin Shandong, kelompok kapal perang China berlayar ke Laut Cina Selatan

Para pemimpin Uni Eropa juga menyambut baik kesepakatan tentang anggaran jangka panjang senilai € 1,8 triliun atau senilai US$ 2,19 triliun. Juga mengesahkan belanja paket pemulihan Covid-19, yang sebelumnya diveto oleh Polandia dan Hongaria atas klausul yang menghubungkan distribusi dana dengan penghormatan negara anggota terhadap inti nilai-nilai Eropa.

Menentang prinsip rule of law dari distribusi dana Uni Eropa, Polandia dan Hongaria memblokir persetujuan program penyelamatan yang disiapkan untuk menghadapi konsekuensi ekonomi dari pandemi virus corona € 750 miliar dengan anggaran masa depan € 1 triliun.

Kedua negara memveto paket anggaran dan program bailout dengan suara bulat karena mereka khawatir mekanisme rule of law akan digunakan untuk melawan mereka.

Presiden Uni Eropa saat ini, Jerman, sedang bernegosiasi di antara para pihak untuk mencapai konsensus tentang masalah ini.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×