kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45982,54   -7,83   -0.79%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Masih Ada Pengetatan Covid-19, Pendapatan Raksasa Teknologi China Diperkirakan Turun


Jumat, 29 April 2022 / 10:09 WIB
Masih Ada Pengetatan Covid-19, Pendapatan Raksasa Teknologi China Diperkirakan Turun
ILUSTRASI. Logo Alibaba. REUTERS/Aly Song/File Photo


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Di tengah China terus melakukan pengetatan tanpa henti untuk mencapai nol kasus Covid-19, perkiraan pendapatan Raksasa teknologi China  telah diturunkan untuk bulan kedua berturut-turut.

Para analis Bloomberg telah memangkas proyeksi keuntungan untuk anggota Hang Seng Tech Index sebesar 4% pada bulan April. Di antara alasan mereka adalah prospek wabah Covid-19 lebih lanjut di negara berpenduduk terpadat di dunia itu.

Kekhawatiran yang meningkat atas Covid-19 menambah serangkaian tantangan yang dihadapi sektor teknologi China. Ini termasuk lebih dari satu tahun tindakan keras peraturan, kenaikan suku bunga Federal Reserve yang memikat modal menjauh dari aset berisiko, dan spekulasi bahwa lebih banyak perusahaan mungkin kehilangan daftar bursa saham AS mereka.

Di antara perusahaan yang mengalami penurunan peringkat pendapatan terbesar, platform pemesanan perjalanan Trip.com Inc. telah mengalami penurunan estimasi pendapatan 12 bulan ke depan sebesar 8,2%, sedangkan untuk Alibaba Group Holding Ltd. dan Baidu Inc. telah berkurang sebesar 4,2% dan 8,1%, masing-masing.

Baca Juga: Temukan 1 Kasus Covid-19, Guangzhou Batalkan Ratusan Penerbangan & Lakukan Tes Massal

“Setelah pengetatan peraturan yang berkelanjutan, kebangkitan Covid-19 dalam beberapa bulan terakhir dan kebijakan nol Covid yang ketat kemungkinan akan memperburuk perlambatan pertumbuhan pendapatan bagi sejumlah perusahaan, terutama yang internet,” kata Jessica Tea, spesialis investasi di BNP Paribas Asset Manajemen Asia Ltd. di Hong Kong dikutip dari Bloomberg, Jumat (29/4).

Indeks Hang Seng Tech dengan 30 anggota telah merosot 11% bulan ini, memperpanjang kerugian 2022 menjadi 28%, karena wabah Covid yang memburuk di kota-kota terbesar China menyusul optimisme sebelumnya atas janji Beijing pada bulan Maret untuk meningkatkan ekonomi dan mengakhiri tindakan keras teknologi. 

Saham Baidu yang terdaftar di AS telah jatuh 9% pada bulan April, sementara saham Alibaba merosot 16%.

Shanghai sebagian besar telah dikunci sejak awal April, sementara Beijing dan Hangzhou, rumah bagi banyak raksasa teknologi, juga berisiko melihat pembatasan pergerakan yang lebih ketat karena wabah Covid.

“Perusahaan teknologi terkena dampak langsung baik melalui gangguan rantai pasokan atau pengeluaran rumah tangga dan bisnis. Tren pendapatan sektor ini secara langsung terkait dengan bagaimana otoritas mengembangkan kebijakan pandemi yang ada.” kata David Chao, ahli strategi pasar global untuk Asia Pasifik ex-Jepang di Invesco Hong Kong Ltd. 

Baca Juga: Covid-Hit Beijing Keeps Up Guard in Fear of Shanghai-Like Misery

Namun, sentimen bearish saat ini dapat berarti bahwa sektor teknologi akan menjadi salah satu yang pertama untuk rebound setelah ekonomi mulai dibuka kembali, kata Chao dari Invesco.

China International Capital Corp. mengatakan perlambatan dramatis dapat mengakibatkan perusahaan membukukan hasil yang lebih lemah untuk paruh pertama, sementara Barclays Plc telah memperingatkan tentang risiko terhadap bisnis periklanan mesin pencari Baidu Inc. karena tindakan penguncian Covid yang diperpanjang di Shanghai.




TERBARU

[X]
×