kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,39   8,79   0.98%
  • EMAS1.378.000 0,95%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Masih Investor Pemula? Ini 3 Hal yang Harus Dilakukan Menurut Robert Kiyosaki


Selasa, 02 Juli 2024 / 10:33 WIB
Masih Investor Pemula? Ini 3 Hal yang Harus Dilakukan Menurut Robert Kiyosaki
ILUSTRASI. Kiat-kiat keuangan Robert Kiyosaki yang paling mendasar menawarkan saran yang baik, terutama bagi investor pemula.


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Robert Kiyosaki adalah penulis buku seri "Rich Dad, Poor Dad" yang populer. Kiyosaki juga mengelola saluran YouTube, Rich Dad Channel, dengan lebih dari 3,3 juta pelanggan. 

Meskipun Kiyosaki telah menimbulkan sedikit kontroversi di dunia investasi, kiat-kiat keuangannya yang paling mendasar menawarkan saran yang baik, terutama bagi investor pemula.

Berikut adalah beberapa saran terbaik yang ditawarkan Kiyosaki:

1. Didiklah Diri Anda Secara Finansial

Salah satu nasihat Kiyosaki yang paling penting adalah Anda harus mendidik diri sendiri secara finansial, terutama sebagai investor pemula. 

Kiyosaki mengatakan, sekolah tidak mengajarkan pendidikan keuangan, jadi Anda harus mempelajarinya sendiri. 

Hal ini terutama berlaku jika Anda berencana menggunakan utang untuk menghasilkan kekayaan, seperti yang dilakukan Kiyosaki dan investor kaya lainnya. 

Jika Anda tidak mengerti bagaimana menggunakan utang, maka utang akan menghabiskan Anda dan membuat Anda tetap miskin. 

Pendidikan juga memungkinkan Anda untuk benar-benar memahami apa yang Anda investasikan. Jika tidak, Kiyosaki mengatakan bahwa apa pun yang Anda investasikan hanya akan menjadi sebuah spekulasi.

Baca Juga: Robert Kiyosaki Punya 4 Gagasan Kontroversial, Apa Saja?

2. Berinvestasi untuk Arus Kas

Cara favorit Kiyosaki untuk berinvestasi adalah untuk arus kas. Ada banyak cara untuk melakukan ini. Salah satu yang paling jelas adalah berinvestasi di penyewaan real estat. 

Jika Anda membeli properti yang tepat dengan harga yang tepat, Anda dapat memperoleh pendapatan sewa yang cukup untuk tidak hanya menutupi biaya tetapi juga memberi Anda arus kas positif. 

Dari sana, seiring berjalannya waktu, Anda dapat menggunakan kelebihan arus kas tersebut untuk membeli aset tambahan yang dapat meningkatkan pendapatan Anda lebih banyak lagi.

Cara lain untuk berinvestasi untuk arus kas adalah dengan membangun bisnis Anda sendiri. Salah satu prinsip Kiyosaki adalah Anda tidak boleh bekerja untuk membuat orang lain kaya, Anda hanya boleh bekerja untuk membuat diri Anda kaya. 

Baca Juga: Robert Kiyosaki Bagikan Rahasia untuk Menjadi Orang Kaya

Jadi, jika Anda seorang pekerja per jam yang menukar waktu Anda dengan uang, Anda tidak akan menjadi kaya, dalam pandangan Kiyosaki. Namun jika Anda menjalankan bisnis Anda sendiri, orang lain akan bekerja untuk menghasilkan keuntungan bagi Anda.

Cara terakhir untuk berinvestasi untuk arus kas adalah melalui dividen saham. Meskipun berinvestasi di saham dapat memiliki beberapa risiko di sisi capital gain, Kiyosaki mengatakan bahwa dividen sebenarnya memasukkan uang ke dalam saku Anda setiap kuartal. 

Seiring waktu, dividen tersebut juga cenderung meningkat, jika Anda memilih perusahaan yang berkualitas. 




TERBARU

[X]
×