Masih Panas, China Gelar Latihan Militer Baru di Laut dan Udara Sekitar Taiwan

Senin, 08 Agustus 2022 | 14:00 WIB   Reporter: SS. Kurniawan
Masih Panas, China Gelar Latihan Militer Baru di Laut dan Udara Sekitar Taiwan

ILUSTRASI. China mengumumkan latihan militer baru pada Senin (8/8/2022) di wilayah laut dan udara di sekitar Taiwan. Eastern Theatre Command/Handout via REUTERS.

KONTAN.CO.ID - TAIPEI. China mengumumkan latihan militer baru pada Senin (8/8) di wilayah laut dan udara di sekitar Taiwan, sehari setelah salah satu latihan militer terbesarnya berakhir pada Minggu (7/8).

Melansir Reuters, Komando Teater Timur Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) mengatakan, akan melakukan latihan milter yang berfokus pada operasi anti-kapal selam dan serangan laut.

Kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan pekan lalu membuat marah China, termasuk menggelar salah satu latihan militer terbesarnya mulai Kamis (4/8) pekan lalu dan meluncurkan uji coba rudal balistik di atas Taipei untuk pertama kalinya.

Baca Juga: Masing-masing 10 Kapal Perang China dan Taiwan Berhadap-hadapan di Laut Lepas

Durasi dan lokasi yang tepat dari latihan militer terbaru China belum diketahui. Tapi, Taiwan telah melonggarkan pembatasan penerbangan di dekat enam area latihan militer China sebelumnya.

Di luar penembakan 11 rudal balistik jarak pendek selama empat hari latihan militer sebelumnya, kapal perang, jet tempur, dan drone China bermanuver secara luas di sekitar Taiwan.

Sesaat sebelum latihan itu berakhir pada Minggu (7/8), sekitar 10 kapal perang masing-masing dari China dan Taiwan bermanuver dalam jarak dekat di sekitar garis median tidak resmi Selat Taiwan.

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru