kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45940,39   -23,34   -2.42%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Masih Tunggu Sinyal, Ukraina Siap Ekspor Biji-bijian dari Pelabuhan Laut Hitam


Jumat, 29 Juli 2022 / 22:45 WIB
Masih Tunggu Sinyal, Ukraina Siap Ekspor Biji-bijian dari Pelabuhan Laut Hitam


Reporter: SS. Kurniawan | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengatakan, negaranya siap untuk memulai ekspor biji-bijian termasuk gandum dari pelabuhan Laut Hitam dan sedang menunggu sinyal dari PBB dan Turki untuk memulai pengiriman.

Kantor Presiden Ukraina menyatakan, Zelenskyy telah mengunjungi Pelabuhan Chornomorsk, yang diblokade oleh Rusia, untuk melihat persiapan pengiriman biji-bijian berdasarkan perjanjian yang ditengahi PBB dan ditandatangani di Turki pekan lalu.

"Pihak kami sepenuhnya siap. Kami mengirim semua sinyal ke mitra kami, PBB dan Turki, dan militer kami menjamin situasi keamanan," kata Kantor Presiden Ukraina, Jumat (29/7), seperti dikutip Al Jazeera.

"Menteri Infrastruktur kami berhubungan langsung dengan pihak Turki dan PBB. Kami menunggu sinyal dari mereka bahwa kami bisa mulai pengiriman," tambah Kantor Presiden Ukraina.

Baca Juga: Rusia Pastikan, Serangan Rudal di Pelabuhan Odesa Ukraina Tak Gagalkan Ekspor Gandum

Kepala Bantuan PBB Martin Griffiths mengatakan, lembaganya berharap pengiriman pertama biji-bijian dari pelabuhan Laut Hitam Ukraina bisa dilakukan paling cepat Jumat (29/7), tetapi perincian "penting" untuk perjalanan kapal yang aman masih dikerjakan.

Menurut Griffiths, pejabat militer Turki, Rusia, dan Ukraina bekerja dengan tim PBB di Pusat Koordinasi Gabungan di Istanbul untuk menuntaskan prosedur operasi standar guna melaksanakan kesepakatan oleh keempat belah pihak pada pekan lalu.

"Itu adalah negosiasi terperinci berdasarkan kesepakatan," kata Griffiths, Kamis (28/7), seperti dikutip Al Jazeera. "Tetapi, tanpa prosedur operasi standar itu, kami tidak bisa mengelola jalur kapal yang aman".

Sejauh ini, dia menambahkan, tidak ada masalah besar yang muncul. Salah satu aspek yang empat belah pihak negosiasikan saat ini adalah koordinat yang tepat dari jalur pengiriman yang aman.




TERBARU
Kontan Academy
Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet Using Psychology-Based Sales Tactic to Increase Omzet

[X]
×