kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45938,93   0,00   -0.00%
  • EMAS932.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.50%
  • RD.CAMPURAN -0.14%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.06%

Masih uji coba, Putin terima vaksin booster Covid-19 lewat hidung


Kamis, 25 November 2021 / 16:15 WIB
Masih uji coba, Putin terima vaksin booster Covid-19 lewat hidung
ILUSTRASI. Russian President Vladimir Putin answers questions about his article titled 'On the historical unity of Russians and Ukrainians' in Saint Petersburg, Russia July 13, 2021. Sputnik/Alexei Nikolskyi/Kremlin via REUTERS 

Sumber: TASS | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - SOCHI. Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan, dia telah mendapatkan vaksin Covid-19 dalam bentuk intranasal atau dimasukkan melalui hidung yang masih tahap uji coba.

"Tepat enam bulan setelah vaksinasi, titer pelindung saya turun dan spesialis merekomendasikan untuk melakukan vaksinasi ulang yang saya lakukan beberapa hari yang lalu," kata Putin dalam rapat kabinet Rabu (24/11), seperti dikutip TASS.

"Awalnya saya akan melakukannya dengan suntikan, dan sehari setelah percakapan dengan Denis Yurievich (Logunov, Wakil Direktur Penelitian Pusat Penelitian Nasional Gamaleya untuk Epidemiologi dan Mikrobiologi) dia menyarankan melakukan prosedur baru kepada saya, yakni bubuk intranasal ini," ujarnya.

Baca Juga: Vladimir Putin batuk-batuk, dia bilang jangan khawatir

"Bukan zat cair, dia (Logunov) membuat bubuk, meminta saya untuk mengambil napas dalam-dalam pada hitungan ketiga, disemprotkan di satu sisi (hidung), di sisi lain. Lalu, saya duduk selama 15 menit dan semuanya sudah selesai," ungkap Presiden Rusia.

Putin mengaku tidak merasakan efek samping apa pun. "Saya tidak punya perasaan, terus terang, tidak ada apa-apa, hanya duduk selama 15 menit dan kemudian pergi," kata dia.

"Hari ini, setelah dua prosedur ini, suntikan dan bentuk intranasal, saya sudah berolahraga di pagi hari, jadi saya dapat membuktikan bahwa semuanya berkembang seperti yang dikatakan ilmuwan dan spesialis kami, begitu saja," ujarnya. 

"Kita akan melihat apa hasilnya dari sudut pandang peningkatan titer pelindung ini," tambah Putin.

Selanjutnya: Enam alumni jadi Dubes baru, IKA Unpad perkuat jejaring internasional




TERBARU
Kontan Academy
UU Kepailitan Tuntas Mendelegasikan Tugas

[X]
×