kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Melabrak Tradisi, Loyalis Xi Dipastikan Jadi Perdana Menteri China Tanpa Jadi Wakil


Sabtu, 31 Desember 2022 / 18:50 WIB
Melabrak Tradisi, Loyalis Xi Dipastikan Jadi Perdana Menteri China Tanpa Jadi Wakil
Li Qiang, kiri, adalah sekutu lama Presiden China Xi Jinping.


Sumber: Nikkei | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  BEIJING. Pejabat nomor 2 Partai Komunis China, Li Qiang dan sekutu dekat Presiden China Xi Jinping dipastikan akan mengambil alih jabatan Perdana Menteri pada Maret 2023 tanpa terlebih dahulu menjalani masa jabatan biasa sebagai wakil perdana menteri untuk mendapatkan pengalaman.

Komite Tetap Kongres Rakyat Nasional menyelesaikan pertemuan terakhirnya hari Jumat tanpa menyebut Li sebagai wakil perdana menteri, pada dasarnya melewatkan kesempatan terakhirnya untuk melakukannya.

Ikatan Li dengan Xi kembali ke masa yang terakhir di Provinsi Zhejiang, di mana Li mendukungnya dalam peran kesekretariatan. 

Baca Juga: China Berikan Kekuasaan pada Pemimpin Hong Kong Melarang Pengacara Asing

Setelah menjabat sebagai ketua Partai Komunis Shanghai, Li diangkat pada bulan Oktober ke Komite Tetap Politbiro, badan pembuat keputusan tertinggi partai.

Hingga saat ini, setiap perdana menteri Republik Rakyat Tiongkok kecuali yang pertama, Zhou Enlai, sebelumnya pernah menjabat sebagai wakil perdana menteri. 

Perdana menteri memiliki wewenang luas atas kebijakan ekonomi, program kesejahteraan sosial dan kebijakan fiskal, dan mengawasi semua 26 kementerian dan komisi tingkat kabinet, sebuah portofolio yang tidak dapat dipelajari dalam semalam.

Zhu Rongji, yang menjabat sebagai perdana menteri di bawah Jiang Zemin, mengambil langkah drastis untuk mereformasi perusahaan milik negara. Tapi dia pertama kali menjabat tujuh tahun sebagai wakil perdana menteri pada 1990-an. Perdana Menteri Li Keqiang saat ini menjabat selama lima tahun.

Baca Juga: Ancaman China Semakin Menjadi-jadi, Taiwan Perpanjang Wajib Militer jadi 1 tahun

Ada tanda-tanda bahwa ini awalnya juga merupakan rencana Xi untuk Li Qiang. Pada bulan Maret 2021, Kongres Rakyat Nasional merevisi undang-undang untuk mengizinkan komite tetapnya, yang bertemu setiap dua bulan, untuk memilih atau memberhentikan wakil perdana menteri, alih-alih meminta persetujuan dari badan legislatif penuh pada pertemuan tahunannya.

Tetapi setelah Li mendapat kritik keras setelah penguncian Shanghai pada bulan April, Xi kemungkinan besar memprioritaskan sekutunya untuk masuk ke jajaran tertinggi partai.




TERBARU

[X]
×