kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,11   -0,67   -0.07%
  • EMAS942.000 -0,95%
  • RD.SAHAM 0.31%
  • RD.CAMPURAN 0.18%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.05%

Melihat biaya sponsor di tim motor GP, paling murah Rp 340-an juta


Rabu, 30 September 2020 / 11:20 WIB
Melihat biaya sponsor di tim motor GP, paling murah Rp 340-an juta
ILUSTRASI. Melihat biaya sponsor di tim motor GP, paling murah Rp 340-an juta. REUTERS/Lisi Niesner


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Balapan roda dua tercepat di dunia, MotoGP memiliki daya tarik yang besar. Tak heran, untuk menjadi sponsor di motor GP tersebut memakan biaya yang besar.

Untuk terlibat di Kejuaraan Dunia motor GP tidak perlu jadi pebalap, mekanik, atau pemilik tim. Cara lain yang bisa juga dilakukan adalah dengan menjadi sponsor dari salah satu pebalap atau tim motor GP.

Bahkan, dikutip dari GPone.com, pihak yang berminat menjadi sponsor motor GP meningkat sejak beberapa tahun belakangan ini. Dari sponsor utama di tim resmi motor GP di kelas utama, hingga stiker kecil di motor Moto3. Masih ada cukup banyak ruang untuk menjadi sponsor dan terbuka bagi siapa pun, selama memiliki dana sesuai tarif.

Biaya jadi sponsor motor GP

Tak sedikit yang bertanya, berapakah biaya yang diperlukan untuk menjadi sponsor tim motor GP agar merek dagang yang kita miliki bisa dilihat orang di seluruh dunia? Meski jawabannya tidak mudah, RTR Sponsor Marketing, agensi spesialis di bidang sponsorship untuk olahraga, memberikan sedikit gambaran.

Baca juga: Terakhir daftar, lelang mobil dinas Innova & Honda CRV di Jakarta Rp 40-an juta

Bahkan, melalui situs resmi MotoGP Sponsor Calculator, bisa terlihat berapa biaya yang dibutuhkan. Ada banyak parameter yang bisa dipilih untuk memahami bagaimana dan di mana Anda bisa menginvestasikan modal di tim motor GP.

Posisi merek Pertama, kelas atau kategori apa, setelah itu ukuran logo, prestise tim, posisi merek, dan lainnya. Sebagai gambaran, menempatkan logo kecil untuk tim yang tidak begitu terkenal di kelas Moto3 ajang balapan motor GP, biayanya sekitar 20.000 euro atau sekitar Rp 348 jutaan.

Memasang logo di tim Ducati, tentu butuh biaya yang sedikit lebih tinggi lagi, yakni tak kurang dari 12 juta euro atau sekitar Rp 209 miliar.  Untuk satu musim di Moto3 balapan motor GP, biayanya bisa mencapai Rp 1,2 juta euro atau sekitar Rp 20,9 miliar.

Sementara untuk kelas Moto2 ajang balapan motor GP, bisa lebih dari 3 juta euro atau sekitar Rp 52,3 miliar.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mau Jadi Sponsor di MotoGP? Segini Tarifnya",

Penulis : Donny Dwisatryo Priyantoro
Editor : Azwar Ferdian

Selanjutnya: Lelang rumah sitaan Bank Mandiri & BSM Rp 100-200-an juta, ada 3 unit di Bekasi

 




TERBARU

[X]
×