kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Melinda Gates meraup lebih dari US$ 3 miliar dari perceraian dengan bos Microsoft


Sabtu, 15 Mei 2021 / 19:00 WIB
Melinda Gates meraup lebih dari US$ 3 miliar dari perceraian dengan bos Microsoft


Reporter: Rizki Caturini | Editor: Rizki Caturini

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Cascade Investment, perusahaan investasi yang dibuat oleh Bill Gates, mentransfer saham Deere & Co. ke Melinda French Gates. Sehingga jumlah total yang Melinda terima sejak mereka mengumumkan perceraian pada bulan ini menjadi lebih dari US$ 3 miliar.

Menurut pengajuan peraturan, kendaraan investasi itu mentransfer sekitar 2,25 juta saham senilai sekitar US$ 851 juta. Selain itu juga ada pengungkapan serupa yang terkait dengan perusahaan Meksiko Coca-Cola Femsa dan Grupo Televisa dan sekitar US$ 1,8 miliar saham di Canadian National Railway Co. dan AutoNation Inc.

Pemisahan melibatkan transfer kekayaan dalam skala yang jarang terlihat. Cascade, yang dikelola oleh Michael Larson, memiliki serangkaian kepemilikan saham yang kompleks, termasuk saham nilai, ekuitas swasta, energi, perhotelan, dan modal ventura. 

Baca Juga: Bill Gates beberkan kondisi hubungannya dengan Melinda sebelum bercerai

Perusahaan ini mengendalikan dana sekitar US$ 52 miliar dalam kepemilikan ekuitas. Pasangan Gates juga termasuk pemilik tanah terbesar di Amerika.

Pembuat mesin pertanian Deere adalah salah satu posisi terbesar yang mereka miliki, dengan Cascade memegang lebih dari 10% saham senilai US$ 11,9 miliar di situ. Data Bloomberg menunjukkan, kepemilikan publik terbesar adalah US$ 12 miliar saham di perusahaan pengumpulan limbah Republic Services Inc.

Perceraian mereka terjadi setelah pengumuman perpisahan Jeff Bezos dan MacKenzie Scott pada tahun 2019. Akibat perceraian itu, MacKenzie  menerima seperempat dari 16% saham Bezos di Amazon.com Inc.

Baca Juga: Bagaimana Bill Gates dan Melinda berbagi kekayaan pasca perceraian?

Scott, sekarang menjadi wanita terkaya keempat di dunia. Ia telah menjadi salah satu donor paling produktif pada tahun 2020, berkontribusi pada kesetaraan gender bersama French Gates.

Kekayaan Gates bernilai sekitar US$ 145 miliar, menurut Bloomberg Billionaires Index, dan bisa terbukti lebih rumit untuk diukir daripada aset Bezos, yang sebagian besar terkonsentrasi di saham Amazon.




TERBARU

[X]
×