kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Membuat mesin pencarian di internet hingga mobil tanpa pengemudi (1)


Kamis, 03 Oktober 2019 / 10:30 WIB
Membuat mesin pencarian di internet hingga mobil tanpa pengemudi (1)


Reporter: Anggar Septiadi | Editor: Tri Adi

KONTAN.CO.ID - Menjadi salah satu miliarder dunia telah menjadi jalan hidup pengusaha asal China bernama He Xiaopeng. Dia berkecimpung di bidang teknologi yang berkembang pesat beberapa tahun terakhir. Xiaopeng awalnya membangun mesin pencari UC Web di 2004. Setelah berkembang, UC Web dilirik Alibaba dan diakuisisi senilai US$ 4,3 miliar. Dari situ perjalanan Xiaopeng sebagai miliarder dimulai. Saat ini dia juga memproduksi mobil self driving Xpeng Motor.

Nama He Xiaopeng mungkin tidak setenar Jack Ma. Kendati demikian jangan remehkan sepak terjang Xiaopeng. Ia berhasil masuk dalam daftar miliarder dunia sejak tahun 2014. Nilai kekayaannya kini mencapai US$ 1,3 miliar. Xiaopeng sukses meraup kekayaan dengan berkecimpung di bisnis yang berkaitan erat dengan teknologi.

Tahun 2014, Xiaopeng menjual UC Web, mesin pencari di internet yang ia kembangkan bersama koleganya yaitu Liang Jie kepada raksasa e-commerce milik Jack Ma yakni Alibaba. Nilainya US$ 4,3 miliar. Ini yang bikin Xiaopeng seketika jadi kaya raya.

Didirikan tahun 2004, UC Web fokus dikembangkan untuk perangkat bergerak (mobile devices) bukan untuk komputer. Makanya, nilai tambah yang dihadirkan UC Web juga disesuaikan dengan pemilik gawai. Misalnya, UC Web mengklaim memiliki teknologi kompresi data yang mumpuni, serta koneksi dengan komputasi awan.

Ini yang kemudian bikin UC Web punya pasar yang besar. Di China UC Web punya hingga 66% peramban internet. Tak cuma di negara asalnya, di India hingga Indonesia UC Web diklaim juga pernah menguasai pangsa pasar. Pada 2014, sebelum diakuisisi Alibaba, UC Web bahkan mengklaim telah punya 500 juta pengguna di seluruh dunia.

Ini yang membuat Alilbaba kepincut. Alibaba bersama UC Web kemudian membentuk perusahaan patungan bernama Shenma Inc yang jadi entitas Alibaba dan fokus terhadap pengembangan mesin pencari di perangkat bergerak.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×