kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menanti Royal Wedding William-Kate


Jumat, 29 April 2011 / 07:32 WIB
Menanti Royal Wedding William-Kate
ILUSTRASI. Makanan Thailand yang aneh di mata wisatawan. Dok: Nigel Killeen.


Reporter: Barratut Taqiyyah, Bloomberg | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

LONDON. Hari ini merupakan hari yang ditunggu-tunggu warga Inggris dan sebagian warga dunia lainnya. Ya, hari pernikahan Pangeran William dan Kate Midddleton. Antusiasme warga Inggris untuk menyaksikan pernikahan ini teramat besar.

Terbukti, ribuan orang berkemah semalaman di sepanjang jalan rute yang termasuk dalam prosesi pernikahan William dan Kate. Pemerintah setempat memprediksi, jumlah masyarakat yang berkumpul akan mencapai 600.000 orang.

Pangeran William akan menikahi Kate Middleton di Westminster Abbey pada pukul 11.00 waktu setempat. Ratusan screen televisi sudah diletakkan di sejumlah tempat seperti Trafalgar Square dan Hyde Pak untuk menampilkan upacara pernikahan tersebut. Hari ini merupakan hari libur nasional bagi seluruh rakyat Inggris.

"Sekitar 30 tahun yang lalu, saya bangun pukul 3 pagi untuk menyaksikan Charles dan Diana menikah. Ini semua sangat indah. Kami harus menyaksikan ciuman pertama dan RAF flyover," ujar Kristi Snyder, guru berusia 39 tahun dari Sanford, North Carolina.

Pernikahan ini cukup spesial. Pasalnya, Kate merupakan wanita pertama yang berasal dari luar kerajaan atau keluarga aristokrat untuk menikah dengan pewaris tahta kerajaan dalam 350 tahun terakhir. Pada saat William menjadi Raja Inggris, maka dia akan menjadi Ratu.

Selain itu, pernikahan ini juga akan menjadi event pernikahan terbesar di Inggris sejak pemakaman ibunda William, Diana, yang tewas akibat kecelakaan mobil di Paris setelah bercerai dengan Pangeran Charles.

Sekadar kilas balik, Charles dan Diana menikah di St. Paul's Cathedral di London pada 1981.

Band militer

Sementara itu, Middleton menginap di Goring Hotel, yang letaknya tak jauh dari Buckingham Palace. Detik-detik terakhirnya sebagai wanita lajang akan dipenuhi dengan prosesi militer.

Pada saat berdandan dan mengenakan baju pengantin, sang putri akan mendengar suara marching band di seluruh kota London. Pasukan militer mulai meninggalkan barrack mereka sejak pukul 09.10 pagi.

Lalu, Kate akan berangkat dari hotel dengan menggunakan mobil, ditemani dengan sang ayah, Michael pada pukul 10.51 dan tiba di Westminster Abbey tepat pukul 11.00.

Itu merupakan momen pertama saat publik melihat Kate mengenakan gaun pengantin untuk pertama kalinya karya designer yang dirahasiakan namanya.

Sementara itu, sang pangeran akan menggunakan seragam kolonel resimen Irish Guard. Saat ini, William merupakan letnan terbang di Royal Air Force. Pendamping pengantin pria Pangeran Harry menggunakan seragam kapten Household Cavalry. Pangeran dan pendampingnya akan tiba 45 menit lebih awal dari sang pengantin wanita.




TERBARU

[X]
×