kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menarik banyak investor ke Manipal Group (3)


Sabtu, 16 Februari 2019 / 09:30 WIB
Menarik banyak investor ke Manipal Group (3)


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Tri Adi

Kepiawaian Ranjan Pai mengelola bisnis keluarga lewat bendera Manipal Education and Medical Group (MEGM) menarik banyak investor agar menanamkan duit di bisnisnya. Suatu ketika Ranjan berhasil meyakinkan investor untuk menyuntikkan dana US$ 700 juta dalam 16 kali putaran pendanaan sejak tahun 2006-2017. Memiliki dana yang besar menyebabkan Ranjan leluasa mengembangkan institusi pendidikan dan fasilitas kesehatan secara agresif.

Ranjan Pai mampu menarik investor memberikan pendanaan sebagai langkah ekspansi perusahaan. Melalui tangan besinya, Manipal Education and Medical Group (MEGM) mampu mengumpulkan pendanaan sekitar US$ 700 juta dari pendanaan swasta.

Ranjan juga menggandeng mentornya, yakni TV Mohandas Pai mendirikan sebuah perusahaan modal ventura bernama Aarin Capital pada tahun 2011. Perusahaan ini dibangun untuk mendanai startup yang bergerak pada bidang teknologi pendidikan maupun kesehatan. Tak heran, Ranjan sendiri sudah berpengalaman dalam mengumpulkan dana untuk mengembangkan bisnisnya.

Ranjan mampu meyakinkan investor agar menyuntikkan dana sebesar US$ 700 juta bagi perusahaannya dalam 16 kali putaran pendanaan sejak tahun 2006 hingga 2017. Lewat aksi penguatan modal ini, MEGM memiliki lebih dari 100.000 mahasiswa yang tersebar di Malaysia, Antigua, Dubai dan Nepal. Kini MEGM juga memiliki 16 rumah sakit di berbagai negara.

Sebenarnya antara Ranjan dan Mohandas tidak memiliki hubungan keluarga, walaupun kedua pendiri Aarin Capital ini memiliki nama belakang yang sama. Ketika mendirikan perusahaan modal ventura tersebut, Ranjan menginvestasikan dana sebesar US$ 50 juta dari kekayaan pribadinya.

Hingga saat ini Aarin Capital sudah menanamkan US$ 80 juta kepada lebih dari 30 startup dan modal ventura lainnya baik di India maupun negara lainnya. Biasanya Ranjan menanamkan dana antara US$ 1 juta sampai US$ 2 juta pada satu startup.




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×