kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mengapa Orang Kaya Akan Semakin Kaya? Ini Jawaban Robert Kiyosaki


Selasa, 21 Februari 2023 / 09:25 WIB
Mengapa Orang Kaya Akan Semakin Kaya? Ini Jawaban Robert Kiyosaki
ILUSTRASI. Penulis buku keuangan pribadi terlaris Rich Dad, Poor Dad, Robert Kiyosaki.


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Dalam blog resminya Richdad.com, penulis buku Rich Dad Poor Dad Robert Kiyosaki membahas tentang bagaimana orang kaya selalu berhasil bangkit dan pulih dari keterpurukan. 

Dia mengawali pembahasannya dengan bagaimana kondisi ekonomi AS yang mengalami penurunan tajam akibat dari pandemi COVID 19. PDB AS turun hampir 9% pada akhir tahun 2020. Ini merupakan kontraksi terbesar dalam lebih dari 70 tahun. 

Namun, menurut Deloitte, ekonomi AS saat ini - meskipun lambat - tampaknya menunjukkan sedikit perbaikan. Meskipun inflasi tetap memprihatinkan, langkah-langkah lain untuk kegiatan ekonomi tumbuh, termasuk lapangan kerja, dan kenaikan harga minyak, makanan, dan bensin.

"Sebagian besar orang di Amerika tidak merasakan efek dari "pemulihan" ini - dan angka membuktikannya," jelas Kiyosaki.

Mengapa orang kaya semakin kaya

Kiyosaki menjelaskan, selama bertahun-tahun dirinya telah mengatakan bahwa peluang terbesar untuk transfer kekayaan ada di depan kita seiring dengan terjadinya krisis keuangan. Akan tetapi, hanya mereka yang memiliki kecerdasan finansial dan pendidikan finansial yang akan mendapat keuntungan dari hal tersebut.

Di usia muda, Kiyosaki mengetahui bahwa dirinya ingin menjadi kaya. Dia melihat orang tuanya berjuang dan mengalami stres akibat dari hal tersebut. 

Baca Juga: Robert Kiyosaki: Cara Menghasilkan Uang Sejak Anak-Anak

Ada satu pesan dari ayah temannya yang kerap dia sebut Rich Dad, yang selalu dia ingat. Rich Dad menjelaskan bagaimana beberapa karyawan dan wiraswasta menghasilkan banyak uang tetapi tidak kaya karena mereka memiliki kecerdasan finansial yang rendah. Mereka kehilangan sebagian besar kekayaan mereka karena pajak yang tinggi dan dengan membeli kewajiban.

"Itu terlalu banyak untuk dipahami oleh otak muda saya. Saya hanya tahu saya ingin menghasilkan banyak uang. Tapi sekarang setelah saya lebih tua - dan mudah-mudahan lebih bijak - saya mengerti apa maksud Rich Dad. Uang tidak membuatmu kaya. Kecerdasan finansial Anda yang menentukan," jelasnya.

"Itu sebabnya mantra kami di Rich Dad adalah pengetahuan adalah uang baru," tambahnya.

Baca Juga: 4 Ajaran Robert Kiyosaki untuk Orang Tua yang Ingin Anaknya Sukses secara Finansial




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×