kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mengenal Colin Huang, anak muda di China yang kekayaannya lampaui Jack Ma


Sabtu, 27 Juni 2020 / 06:24 WIB
Mengenal Colin Huang, anak muda di China yang kekayaannya lampaui Jack Ma
ILUSTRASI. Colin Huang pendiri e-commercer Pinduoduo


Sumber: Forbes | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  Menjadi miliarder tak lagi ditentukan usia, setidaknya hal itu dapat dilihat di China. Colin Huang, anak muda pendiri e-commerce Pinduoduo, kelahiran 1980 ini telah mengalahkan Jack Ma pendiri utama Alibaba sebagai orang terkaya kedua di China menurut Forbes Real-Time Billionaire Index pada hari Minggu (21/6).

Posisi tersebut direbut Huang setelah saham perusahaan yang dipimpinnya Pinduoduo mencatat kenaikan 6% ke level tertinggi sepanjang masa yakni US$ 87,58 di perdagangan Nasdaq pada hari Jumat (19/6).

Baca Juga: Inilah 10 orang muda paling kaya sedunia

Dengan kenaikan saham itu, Huang yang baru berusia 40 tahun ini mencatat kekayaan sebesar US$ 45,4 miliar atau setara Rp 635,6 triliun saat ini.

Posisi ini menempatkannya sebagai orang terkaya kedua di Tiongkok dan hanya kalah dari CEO Tencent Holdings Ma Huateng, yang juga dikenal sebagai Pony Ma, yang memiliki kekayaan sekitar 51,5 miliar.Sementara kekayaan Jack Ma ditaksir sekitar US$ 43,9 miliar.

Kenaikan harga saham Pinduoduo lebih dari 300% pada tahun lalu telah memungkinkan Huang, seorang mantan insinyur Goorgle, mempersempit kesenjangan kekayaan antara dirinya dan rekan pendiri dan mantan bos Google Larry Page yang punya kekayaan sekitar US$ 64,3 miliar dan Sergey Brin sekitar US$ 62,6 miliar.

Baca Juga: Miliarder termuda di Tiongkok lewat bisnis e-commerce (1)

Namun Huang telah melampaui kekayaan mantan CEO Google Eric Schmidt yang hanya US$ 15,1 miliar.

Pinduoduo, yang berdiri pada 2015, dalam perjalananya yang singkat telah menjadi salah satu bisnis ritel online terbesar di China, dengan kapitalisasi pasar sebesar US$ 104 miliar.

Selain Huang, sejumlah investor juga turut menikmati kenaikan saham Pinduoduo termasuk Tencent, Sequoia China dan Gaorong Capital (secara resmi dikenal sebagai Banyan Capital); anggota dewan termasuk mitra pendiri Sequoia China Neil Shen.




TERBARU

[X]
×