kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45997,15   3,55   0.36%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mengenal sosok Alwaleed bin Talal, Warren Buffett-nya Arab Saudi


Selasa, 18 Februari 2020 / 10:14 WIB
Mengenal sosok Alwaleed bin Talal, Warren Buffett-nya Arab Saudi
ILUSTRASI. Pangeran Alwaleed bin Talal. REUTERS/Fahad Shadeed/File Picture


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - RIYADH. Orang terkaya di Arab Saudi, Pangeran Alwaleed bin Talal, sering disebut-sebut sebagai 'Warren Buffett dari Arab Saudi.' Seperti Buffet, Alwaleed menghimpun kekayaannya melalui investasi yang cerdik. Pada bulan Agustus 2018, ia mengumumkan investasi senilai US$ 250 juta pada Snap Inc di mana ia akan mengempit sekitar 2,3% saham Snap.

Berikut ini adalah ikhtisar tentang bagaimana Pangeran Alwaleed bin Talal menggunakan sejumlah uang yang relatif kecil untuk membangun salah satu portofolio investasi paling berharga di dunia.

Kekayaan Alwaleed

Melansir Investopedia, setelah lulus dari perguruan tinggi, Alwaleed bin Talal meminjam uang senilai US$ 30.000 dari ayahnya untuk memulai sebuah perusahaan investasi. Dia kehilangan semua uang itu dalam dua belas bulan pertama operasi, dan, sebagai akibatnya, dipaksa untuk memulai lagi dari awal.

Baca Juga: Tengok isi keranjang investasi terbaru Berkshire, perusahaan milik Warren Buffett

Namun, kegigihannya membuahkan hasil. Selang 35 tahun sejak memantapkan karirnya dalam bisnis, Alwaleed adalah salah satu investor terkaya dan paling sukses di dunia.

Perusahaan yang ia dirikan pada 1980, Kingdom Holding Company, memiliki kapitalisasi pasar lebih dari US$ 1 miliar, seperti yang dilaporkan oleh Google Finance pada Oktober 2019. Saham mayoritas Alwaleed di perusahaan itu membuat nilai kekayaan bersih pribadinya mencapai lebih dari US$ 18,7 miliar pada saat itu.

Baca Juga: Valentine, Bill Gates pernah kirim surat cinta kepada Warren Buffett

Sebagai investor nilai yang taat, Alwaleed menggunakan Kingdom Holdings sebagai kendaraan untuk memegang portofolio bisnis yang beragam secara internasional yang beroperasi di banyak sektor termasuk perbankan, real estat, dan perawatan kesehatan.

Investasinya yang paling terkenal termasuk saham yang cukup besar di Four Seasons Hotel Ltd, Citigroup Inc dan Euro Disney.




TERBARU

[X]
×