kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,02   -8,28   -0.91%
  • EMAS1.318.000 0,61%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mengenal Squid Game, kenapa drakor ini viral di dunia?


Sabtu, 02 Oktober 2021 / 14:55 WIB
Mengenal Squid Game, kenapa drakor ini viral di dunia?


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Serial drama Korea (drakor) Squid Game menjadi tayangan viral belakangan ini. Selain di Indonesia, serial draktor Squid Game juga laris di banyak negara lain.

Apa itu serial drakor Squid Game? Kenapa serial drakor Squid Game bisa popular.

Squid Game adalah serial drakor yang tayang di Netflix. Serial drakor Squid Game baru mulai tayang September 2021. Sejauh ini, serial drakor Squid Game sudah tayang sebanyak sembilan seri.

Serial drakor Squid Game bercerita tentang kumpulan orang-orang Korea Selatan yang memiliki masalah utang di bank. Orang-orang tersebut umumnya sedang kesulitan ekonomi dan susah membayar utang di bank.

Lalu, orang-orang tersebut diajak memainkan permainan di sebuah wilayah terpencil. Permainan di serial drakor Squid Game ini menawarkan hadiah hingga miliaran won Korea Selatan.

Permainan yang dimainkan adalah permainan masa kecil anak-anak Korea Selatan. Namun, permainan ini memiliki risiko tinggi. Pemain yang kalah akan mati secara brutal, seperti ditembak dengan senapan.  

Namun serial drakor Squid Game berhasil menyita perhatian penggemar film di seluruh dunia. Serial drakor Squid Game telah menduduki puncak charts 10 teratas global Netflix sejak Jumat, 24 September 2021.

Baca juga: Mau cobain? Ini permainan Roblox yang mirip serial Netflix berjudul Squid Game

Bahkan, menurut co-CEO Netflix Ted Sarandos, serial drakor Squid Game diperkirakan bisa menjadi serial Netflix paling populer yang pernah ada. "Ini baru tayang selama sembilan hari, dan ini adalah kesempatan yang sangat bagus untuk menjadi pertunjukan terbesar kami," kata dia.

Squid Game telah dibandingkan dengan berbagai hal, mulai dari film thriller berdarah Jepang Battle Royale, hingga seri Hunger Games dan sesama serial Netflix, Alice in Borderland. Sama seperti Parasite, dengan sutradara Bong Joon-ho yang sangat sukses, serial Squid Game juga menggambarkan Korea Selatan kontemporer.

"Saya ingin menulis cerita yang merupakan alegori atau fabel tentang masyarakat kapitalis modern. Sesuatu yang menggambarkan persaingan ekstrem, agak seperti persaingan hidup yang ekstrem," kata sutradara Hwang Dong-hyuk kepada Variety.

Dia mengatakan, sebagai permainan bertahan hidup, ini adalah hiburan dan drama manusia. Permainan itu digambarkan sangat sederhana dan mudah dimengerti.

Penyebab serial drakor Squid Game terkenal?

Banyak kritikus yang menyukai Squid Game. Peringkatnya sempurna atau 100 persen di Rotten Tomatoes. Menurut Direktur Pusat Penelitian Korea di Australia Barat, Jo Elfving-Hwang, Squid Game dengan cerdik menggabungkan unsur-unsur K-drama dan film Korea.

Hal ini yang membuat serial itu sangat populer. "Tema dilumpuhkan oleh utang akan sangat akrab oleh banyak penonton Korea (dan) saya pikir ini dapat dikenali oleh orang-orang di tempat lain", kata Dr Elfving-Hwang. Saat Hollywood meluncurkan remake dan film superhero yang tak ada habisnya, orang mencari konten yang baru dan berbeda.

Menurut seorang penulis budaya pop, Cynthia Wang, orang-orang menginginkan cerita orisinal yang kreatif dan mereka tidak menemukannya dalam produksi waralaba yang besar, tapi menemukannya di Squid Game.

"Kami mencari streamer seperti Netflix menyediakan ini untuk kami dan Netflix, pada gilirannya, menemukan hal semacam itu di produksi lokal dari seluruh dunia," ujar Cynthia.

Sementara itu, melansir Fast Company, 28 September 2021, acara yang dibuat oleh Hwang Dong-hyuk, pembuat film The Fortress itu menjadi terkenal karena menyentuh tema serupa dari keputusasaan dan eksploitasi kelas bawah yang dieksplorasi oleh ekspor Korea Selatan untuk mengambil alih dunia.

Tema itu dirasa mirip dengan film Parasite. Tema perjuangan kelas bawah tidak lekang oleh waktu, tetapi menjadi lebih populer akhir-akhir ini karena ketidaksetaraan telah melebar di banyak tempat di seluruh dunia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Paling Top di Netflix, Kenapa Squid Game Bisa Sangat Populer?",


Penulis : Nur Fitriatus Shalihah
Editor : Inggried Dwi Wedhaswary

Selanjutnya: Sutradara drakor Squid Game di Netflix tanggapi harapan tentang season 2




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×