kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mengenal Wolf Moon, Fenomena Full Moon atau Bulan Purnama Pertama di Tahun 2023


Rabu, 04 Januari 2023 / 12:56 WIB
Mengenal Wolf Moon, Fenomena Full Moon atau Bulan Purnama Pertama di Tahun 2023
ILUSTRASI. Mengenal Wolf Moon, Fenomena Full Moon Pertama di Tahun 2023


Penulis: Arif Budianto

KONTAN.CO.ID - Mengenal Wolf Moon, fenomena Full Moon atau Bulan Purnama pertama di tahun 2023. Fenomena Wolf Moon atau Bulan Serigala ini juga kerap kali disebut sebagai Purnama yang terjadi pada bulan Januari.

Tahukah Anda? Awal tahun 2023 ini bakal terjadi fenomena astronomi Full Moon atau Bulan Purnama yang dikenal sebagai Wolf Moon.

Jika melihat dari namanya, apakah Bulan Purnama Wolf Moon ini berkaitan dengan serigala? Dan kapan fenomena Wolf Moon akan terjadi di awal tahun 2023 ini?

Mari kita bahas hal menarik seputar fenomena Full Moon yang dikenal sebagai Wolf Moon selengkapnya berikut ini.

Baca Juga: Mengenal 12 Rasi Bintang yang Menjadi Nama Zodiak dan Tanggal Masing-Masing

Tentang Wolf Moon

BRITAIN-MOON/

Seperti yang dilansir dari laman resmi Edukasi Sains Antariksa (LAPAN), secara umum ada delapan fase Bulan yang dikenal dalam astronomi. Yaitu Bulan Baru, Bulan Sabit Awal, Bulan Perbani Awal, Bulan Besar/Benjol Awal, Bulan Purnama, Bulan Susut/Benjol Akhir, Bulan Perbani Akhir dan Bulan Sabit Akhir.

Dari fase-fase Bulan itu, mungkin banyak yang sudah tahu tentang Bulan Purnama. Fenomena Bulan Purnama ini mudah dikenali yang penampakannya bulat dan bersinar terang.

Konfigurasi Bulan Purnama terjadi ketika Matahari-Bumi-Bulan dalam posisi segaris jika diamati dari atas bidang ekliptika dan Bulan berada pada sisi yang berlanganan dengan Matahari.

Bicara soal Bulan Purnama, ada fenomena yang menarik di bulan Januari. Purnama Januari atau yang juga dikenal sebagai Wolf Moon atau Bulan Serigala bakal terjadi dalam waktu dekat.

Penamaan Wolf Moon atau Bulan Serigala ini merujuk pada kawanan serigala yang melolong kelaparan di luar perkampungan. 

Selain Wolf Moon, Purnama Januari ini juga memiliki nama lain yakni Bulan setelah Yule/Saturnalia (Moon After Yule), Bulan Tua (Old Moon), Bulan Es (Ice Moon), Bulan Akut (Severe Moon), Bulan Berdiam (Staying Home/Quiet Moon).

Penamaan lainnya merujuk pada Purnama yang terjadi setelah perayaan Yule/Saturnalia atau puncak musim dingin sehingga penduduk asli Amerika berdiam di rumah.

Baca Juga: Bakal Ada 4 Gerhana di 2023, Masyarakat Indonesia Bisa Menyaksikan 3 di Antaranya

Kapan Bulan Purnama Wolf Moon terjadi pada tahun 2023 ini?

Melansir dari TheScienceTimes, fenomena Full Moon Wolf Moon ini akan terjadi pada hari Jumat, 6 Januari 2023.

Wolf Moon selalu bersinar di dekat bintang Gemini atau Cancer. Bagi Anda yang mungkin tertarik untuk melihat fenomena Wolf Moon di atas langit, setelah Matahari terbenam.

Demikian pembahasan menarik seputar fenomena Wolf Moon, fenomena Full Moon atau Bulan Purnama pertama di tahun 2023 ini.

Apakah Anda menantikan fenomena Full Moon pertama di tahun 2023 ini?




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×